Manfaat dan Khasiat Petai Cina Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat dan Khasiat Petai Cina Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit


Berawal dari seringnya saya mengkonsumsi petai cina / lamtoro yang biasa dibuat sayuran oleh warga di desa saya yang memang sudah turun temurun dari dulu, biasanya dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibakar dan dengan sedikit bumbu penyedap rasa. Hmmm bisa membuat ngiler yang nulis dan yang baca hehe...

Namun dibalik itu ternyata daun petai cina ini memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, menghilangkan rasa nyeri, mencegah dan menyembuhkan cacingan, mencegah diabetes, menyembuhkan disentri, melancarkan haidh, menyembuhkan herpes, menjaga kesehatan kulit, anti keriput, menyembuhkan dengan cepat luka bisul dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan.

Mencegah Diabetes


Diabetes atau lebih dikenal dengan kencing manis termasuk penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan ternyata dengan mengkonsumsi secara rutin lamtoro dengan jumlah tertentu akan menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan memakan lamtoro secara rutin maka sedikit demi sedikit akan memulihkan kinerja pankreas agar menghasilkan hormon insulin yang berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Untuk itu sebagai sarana pencegahan timbulnya diabetes, menjadikan lamtoro sebagai makanan tambahan atau selingan dalam beberapa hari sekali sehingga penyakit diabetes tidak menimpa pada kita atau keluarga.

Menghilangkan Rasa Nyeri


Lamtoro muda yang dikonsumsi beserta kulitnya memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri pada otot serta menyembuhkan kram saat menstruasi. Sehingga banyak sebagian ibu-ibu di jawa mengkonsumsi lamtoro muda yang dicampur dengan daun-daun lain serta tanaman rempah lain seperti daun sembukan, daun kencur, seledri, daun bawang dan lainnya yang dimakan secara mentah atau istilah jawa dibikin trancam saat sedang menstruasi.

Mencegah masuk angin


Selain menyembuhkan rasa nyeri racikan dari dedaunan tersebut tentu juga sangat baik bagi pencernaan tubuh dan menghilangkan masuk angin.

Mencegah dan Menyembuhkan Cacingan


Lamtoro juga bisa membunuh kuman cacing dalam perut. Sehingga bagi anak-anak yang terserang penyakit cacingan atau untuk mencegah timbulnya penyakit cacingan maka mengkonsumsi lamtoro sangat dianjurkan karena selain aman dikonsumsi lamtoro juga mudah diperoleh dan murah jika harus membelinya.

Selain memiliki efek positif, lamtoro juga memiliki efek negatif yang tak begitu berarti seperti sakit kepala / pening, dan juga bisa menimbulkan bau mulut.

Dampak negatif tersebut tentu ada efek positifnya juga, dengan keluarnya bau busuk tersebut berarti kotoran yang terdapat dalam tubuh keluar dan digantikan oleh yang baru. Namun yang jelas lamtoro memiliki efek positif bagi kesehatan yang sangat luar biasa sehingga tidak salah kalau nenek moyang kita selalu mengkombinasikan menu makanannya termasuk lamtoro untuk menjaga daya tahan tubuh mereka tetap segar bugar hingga di usia senja.

Kebiasaan nenek moyang kita dalam mengkombinasikan menu makanan ternyata memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, sehingga kita sebagai anak cucu sudah seharusnya mengikuti tradisi tersebut yang ternyata setelah dilakukan penelitian sangat baik bagi kesehatan tubuh. Mudah-mudahan artikel ini menginspirasi kita semua untuk mengikuti tradisi nenek moyang dalam menjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat !

Referensi: https://www.ngirit.net
Buka Komentar