Kegiatan Offline Tambah Banyak, Blogging Tambah Jarang Update

Kegiatan Offline Tambah Banyak, Blogging Tambah Jarang Update


Kegiatan Offline Tambah Banyak, Blogging Tambah Jarang Update. Sukses didunia blogger bisa dikatakan gampang-gampang susah, butuh kerja keras, kesabaran, dan waktu yang tidak sedikit untuk bisa menikmati manisnya ber-blogger ria yang semuanya bergantung pada niat / tujuan blogging masing-masing.

Meskipun tujuannya bukan untuk memperoleh penghasilan, tetap saja butuh konsistensi supaya konten yang kita buat dibaca oleh pengunjung. Jika tidak, maka tulisan kita hanya jadi pajangan di internet karena tidak ada yang membaca, kecuali hanya sekedar arsip pribadi.

Seperti saya misalnya, seiring berjalannya waktu, kegiatan keseharian makin bertambah seakan waktu 24 jam tidaklah cukup sehingga waktu online pun berkurang yang membuat saya jarang update. Efeknya sudah jelas; blog makin tenggelam di halaman pencarian, alexa makin gendut.

Untuk blog papan atas mungkin pengaruhnya tak begitu signifikan, tapi untuk blog personal apalagi blog eceng-eceng seperti blog saya ini, hmmm makin gak karuan.

Namun karena blogging sudah menjadi kebiasaan, tetap berusaha meluangkan waktu sekecil apapun. Setidaknya untuk melihat perkembangan blog kita sendiri seperti cek alexa, google search console, google analytic, dan google adsense. Jika tidak memungkinkan menggunakan laptop, saya biasanya menggunakan HP untuk blogging seperti ketika dalam perjalanan. Tapi saya langsung via browser, bukan aplikasi karena kurang leluasa.

So, buatlah blog yang sesuai dengan kapasitas kita masing-masing supaya tidak kewalahan updatenya, apalagi bisa sampai ambil jalan pintas copas sana-sini tanpa etika (mencantumkan link sumber).
Buka Komentar