Skip to main content

follow us

Cara Mudah Memperbaiki URL Komentar Disqus di Postingan Menjadi URL Homepage


Beberapa waktu yang lalu saya mencoba menggunakan template premium kompi magazine, menurut saya template ini sangat bagus karena karena loadingnya yang sangat cepat dibanding template magazine lainnya bahkan dengan template personal sekalipun.

Hanya saya ada sedikit masalah pada kolom komentar disqus, biasanya url komentar mengarah ke url postingan. Kemudian saya konsultasikan kepada mas +Adhy Suryadi selaku pembuat template tersebut dan akhirnya beliau memberikan solusinya. Meski praktek hal ini menggunakan template kompi magazine, tapi mungkin saja terjadi pada template yang lain.

Oleh karena itu, maka hasilnya saya share kepada blogger yang lain yang menggunakan template magazine atau lainnya yang mengalami hal yang sama seperti pada gambar diatas.

Sebagai contoh; biasanya url komentar disqus seperti:

https://www.nengain.web.id/2018/02/googling-dulu-baru-bertanya.html#comment-3737981900

berubah menjadi

https://www.nengain.web.id/#comment-3737981900

Dimana dengan perubahan url tersebut, maka komentar tersebut akan tampil di setiap kali update postingan (post baru). Dan perubahan url tersebut dihasilkan dari script yang menampilkan komentar disqus seperti ini:

<script>
var disqus_shortname = &quot;USERNAME&quot;;
var disqus_config = function () {
this.page.url = &quot;<data:blog.canonicalUrl/>&quot;;
this.page.identifier = &quot;<data:post.id/>&quot;;
};
</script>

Cara mengatasi dan memperbaikinya, cukup gampang. yaitu dengan menghapus kode yang saya tandai diatas sehingga menjadi seperti ini:

<script>
var disqus_shortname = &quot;USERNAME&quot;;
var disqus_config = function () {
this.page.url = &quot;<data:blog.canonicalUrl/>&quot;;
this.page.identifier = &quot;&quot;;
};
</script>

Mudah dan simple bukan! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar