Skip to main content

follow us

Selain Bermanfaat Untuk Kesehatan, Binahong Juga Berkhasiat Untuk Kecantikan


Selain Bermanfaat Untuk Kesehatan, Binahong Juga Berkhasiat Untuk Kecantikan. Binahong merupakan tanaman diabaikan oleh sebagian orang karena melihat bentuk tanamannya liar dan bisa tumbuh dimana saja, tanaman ini sering kita temui di tepi sungai, pinggir jalan, bahkan di bebatuan. Tanaman ini juga sering ditemukan menjalar di atas tanaman lain atau melingkar pada batang-batang pohon dengan bantuan akar.

Tanaman ini kadang ditanam oleh sebagian orang karena memang mudah tumbuh dengan perawatan yang tidak begitu sulit karena tanaman ini sangat kuat dalam berbagai kondisi cuaca. Selain itu di desa kami, khasiat dan manfaat tanaman binahong ini sangat populer untuk mengobati luka bakar dengan cara dihaluskan lalu ditempel ke luka bakar tersebut.

Namun ternyata selain bermanfaat untuk mengobati luka bakar, juga untuk berbagai macam pengobatan alternatif karena mengandung zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker. Juga mengandung zat alkoloid yang umum digunakan pada penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Lain lagi dengan senyawa saponin yang memberikan penurunan terhadap kadar kolesterol yang menyehatkan jantung. Berbagai macam manfaat dan binahong inilah, yang banyak menjadikan daun bunahong untuk alternatif penobatan berbagai penyakit.

Air rebusan daun binahong ini umumnya digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit:

  1. Kencing manis : gunakan sebelas lembar daun binahong yang direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari
  2. Sesak nafas : rebus tujuh lembar daun binahong, kemudian minum setiap hari sekali
  3. Menstabilkan tekanan darah (tekanan darah rendah) : rebus delapan lembar daun binahong, air rebusannya diminum setiap hari
  4. Batuk yang menyebabkan muntah darah : rebus sepuluh lembar daun binahong, dan minum rebusannya setiap hari
  5. Penyakit paru-paru : gunakan sepuluh lembar daun binahong dan direbus, dan minum ramuan ini setiap hari.

Selain itu, tanaman binahong ini juga memiliki khasiat dan manfaat untuk membantu memulihkan stamina, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi pembekuan darah dan peradangan, memulihkan memar, mencegah stroke, mengurangi arthritis, mencegah asam urat, ambien (wasir), gangguan sakit kepala, mengobati gatal-gatal, menjaga sistem kekebalan tubuh, pembengkakan usus, hidung mimisan, dan masalah kesehatan setelah operasi dan melahirkan.


Pengobatan alternatif ini, harus dilakukan dengan rutin namun juga harus terus meminum manfaat air putih untuk menyeimbangkan kadar rebusan daun binahong pada tubuh.

Selain digunakan sebagai media pengobatan, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kulit, seperti berikut :

  1. Mengobati luka berdarah. Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan selama luka jika luka masih dalam kondisi basah.
  2. Mengobati jerawat. Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Tambahkan manfaat madu secukupnya, untuk menambah rasa.
  3. Obat Luar. Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.
  4. Menjaga Kesehatan Wajah. Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-6 binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur.

Selain daun, umbi atau tanaman binahong juga memiliki manfaat untuk mengobati dan menyembuhkan bisul, tifus, disentri, menjaga kebugaran fisik (ditambah manfaat kuning telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Caranya, ambil rimpang (umbi) secukupnya, dicuci, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diambil 2-3 kali sehari.

Efek samping binahong


Setiap ramuan herbal yang memiliki manfaat dan khasiat, juga tak lepas dari yang namanya efek samping. Jadi hindari penggunaan binahong bagi anda yang memiliki resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian.

Daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Gunakan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Semoga bermanfaat...

Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar