Skip to main content

follow us

8 Buah Buahan Yang Bermanfaat dan Berkhasiat Untuk Pencernaan


Berbagai macam cara supaya bisa hidup sehat seperti yang diharapkan, dengan mengkonsumsi buah-buahan. Iya memang buah-buahan memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya untuk menyehatkan pencernaan. Seperti biji pepaya, apel, rambutan, buah buni, buat sawo, buah pir, buah naga, dan belimbing.

Berikut ini rincian 8 buah-buahan yang memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan pencernaan kita:

1. Biji Pepaya


Manfaat biji pepaya ternyata tidak boleh dianggap sebelah mata, bagian dari pepaya yang biasa di buang ini ternayata efektif untuk beberapa keluhan kesehatan tubuh. Sementara kebanyakan orang membuangnya, namun ada beberapa orang yang memanfaatkan biji pepaya untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat yang unik.

Biji pepaya mengandung zat papain, hal ini sangat baik untuk membantu enzim pencernaan yang dapat membantu membersihkan saluran pencernaan.

2. Apel


Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin dan mineral yang mudah di cerna oleh tubuh, untuk itu, apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan.

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

3. Buah Rambutan


Buah rambutan memiliki kandungan serat pangan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar.

Penyakit diare tentu menandakan bahwa kondisi pencernaan Anda sedang tidak sehat. Kondisi lambung mengalami gangguan akibat bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan ataupun minuman. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka baik lambung maupun usus sebagai organ pencernaan akan selalu terlindungi.

4. Buah Buni


Buah buni memiliki kandungan gizi dan fitonutrien yang tinggi. Buah Buni mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C, Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitmain B2, Vitamin E, Mineral besi, dan Fosfor, Kalium dan serat-serat, Alkaloida dan Friendelin.

Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menjegah terjadinya kanker usus (colon). Buah bisa dimakan langsung atau dimasukkan dalam olahan makanan.

Memperlancar Saluran Pencernaan. Buah Buni kaya akan serat. Konsumsi buah Buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat di dalam tubuh. Sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan. Buah Buni mampu untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

5. Buah Sawo


Sawo memilki kandungan inflamasi yang bagus untuk melancarkan pencernaan di usus. Selain itu sawo juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh anda. Pencernaan yang baik menghindarkan anda dari susah BAB dan gejala sembelit.

6. Buah Pir


Satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat, dengan jumlah harian sekitar 21-38 gram. Ketika makan banyak serat, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja dengan cara yang seharusnya. Serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan. Hal ini juga membantu mencegah dan meringankan sembelit dan dapat mencegah penyakit wasir,sehingga masalah pencernaan berbahaya seperti kanker usus besar dapat dihindari.

7. Buah Naga


Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

Buah ini juga dapat membantu sistem pencernaan tubuh manusia. Buah naga juga memiliki khasiat dalam mencegah lebih dari 10 penyakit berbahaya seperti kanker dan 5 penyakit usus yang dapat mematikan.

8. Belimbing


Buah beserta kulit belimbing memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.

Referensi: www.manfaat.co.id
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar