Ternyata Daging Burung Pipit Juga Berkhasiat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Ternyata Daging Burung Pipit Juga Berkhasiat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Ternyata Daging Burung Pipit Juga Berkhasiat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan


Sebelum membahas apa saja khasiat dan manfaat daging burung pipit untuk kesehatan seperti Mengobati Mata yang Berair, Penghancur Batu Saluran Kencing, Penghilang Kutil, Menambah Protein Hewani Pada Tubuh, Menambah Stamina, Alternatif Makanan Bagi yang Diet, Menguatkan Kekebalan Tubuh. Tidak ada salahnya juga kita mengetahui dan mengenal lebih dekat kehidupan / habitat burung pipit itu sendiri.

Burung pipit termasuk binatang berdarah panas yang tidak termasuk dalam kelompok binatang menyusui. Biasanya suhu tubuh burung 5 derajat, diatas suhu tubuh binatang menyusui. Bulu merupakan ciri khas pada burung.

Seekor burung diperkirakan memiliki 940-25000 bulu penutup tubuh, tergantung pada jenisnya. Bulu-bulu itu berguna untuk memelihara panas tubuh, untuk terbang, melindungi terhadap perubahan dari luar dan untuk menyamarkan diri.

Jenis-jenis pipit (termasuk bondol dan gelatik) senang berkelompok, dan sering terlihat bergerak dan mencari makanan dalam gerombolan yang cukup besar. Burung-burung ini memiliki perawakan dan kebiasaan yang serupa, namun warna-warni bulunya cukup bervariasi. Ukuran terkecil dimiliki oleh Nesocharis shelleyi yang panjang tubuhnya sekitar 8,3 cm (3,3 inci), meski yang bobotnya paling ringan adalah Estrilda troglodytes (6 g). Sedangkan yang paling besar adalah gelatik jawa (Padda oryzivora), yang panjang tubuhnya 17 cm (6,7 inci) dan beratnya 25 g.

Kebanyakan burung pipit tidak tahan dengan iklim dingin dan memerlukan habitat hangat seperti di wilayah tropika. Namun ada pula sebagian kecil jenis yang beradaptasi dengan lingkungan dingin di Australia selatan. Pipit bertelur 4-10 butir, putih, yang disimpan dalam sarangnya yang berupa bola-bola rumput.

Khasiat dan Manfaat Daging Burung Pipit


1. Mengobati Mata yang Berair


Manfaat daging burung pipit adalah dapat mengobati mata yang berair. Mata yang  berair bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya terkena debu, asap, kuah pedas, belekan, atau terkena benda keras. Jika tak segera diatasi, mata berair akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Apalagi bagi yang bekerja di depan layar monitor secara terus-menerus.

Caranya mudah mengatasi masalah mata berarir adalah mengambil daging burung pipit yang dikukus kemudian disantap.

2. Penghancur Batu Saluran Kencing


Cara mengobati kencing batu dengan menggunakan burung pipit yaitu dengan membakarnya. Setelah daging matang dibaluri dengan garam dan kemudian diblender. Setelah menjadi sebuah jus, kemudian diminum bagi yang menderita sakit pada saluran kencing batu.

3. Penghilang Kutil


Daging burung pipit dihaluskan dan dicampur air liur manusia. Ramuan tersebut bisa dioleskan pada kulit yang mengalami pertumbuhan kutil. Kutil yang ada di tubuh akan hilang kalau dioleskan ramuan tersebut secara rutin.

4. Menambah Protein Hewani Pada Tubuh


Bosan dengan daging-daging yang umum seperti daging sapi, ayam, dan kambing? Cobalah masakan dari daging burung pipit. Selain berkhasiat sebagai obat kutil dan kencing batu, ternyata burung pipit juga bisa memenuhi asupan protein yang sangat penting bagi manusia. Protein menguatkan organ-organ tubuh agar bekerja secara maksimal. Organ tubuh yang sehat tentunya juga akan membuat aktivitas sehari-hari jadi lancar.

5. Menambah Stamina


Daging burung pipit dapat menambah stamina bagi laki-laki maupun perempuan. Stamina berfungsi sebagai energi dalam menjalankan kegiatan. Daging burung pipit bisa dijadikan lauk atau sekadar dimakan langsung tanpa nasi. Rasanya hampir mirip dengan daging burung lainnya. Meski ukurannya lebih kecil dan memiliki daging lebih sedikit.

6. Alternatif Makanan Bagi yang Diet


Daging burung ini tak mengandung lemak yang dalam jumlah besar. Jadi aman sekali dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet. Lemak yang rendah juga membuat pengidap kolesterol bisa mencicipi nikmatnya daging burung Pipit.

7. Menguatkan Kekebalan Tubuh


Kandungan protein yang tinggi di dalam daging burung pipit bisa menguatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit tentu sangat diidamkan. Daging pipit bisa untuk lauk yang sehat dan tak mengandung banyak lemak jahat.

Setelah mengetahui manfaat dan khasiat daging burung pipit untuk kesehatan, masihkah Anda menganggap burung kecil ini sebagai hama? Daripada hanya mengusirnya ketika mendekati ladang, kenapa tidak mencoba untuk mengolahnya menjadi santapan yang menyehatkan?

Referensi:
www.khasiat.co.id
Al-Iqna’ II/274
Al-Aziz ala Syarh Al-Wajiiz, XII/138-139
ensilkopedi nasional edisi fauna.