Skip to main content

follow us

Solusi Teks Postingan Hilang Saat Browser Pengunjung Menggunakan Adblock


Pernahkah teks postingan blog tidak muncul ketika adblock aktif? Itulah yang selalu menjadi pertanyaan saya beberapa waktu yang lalu karena hal ini tentu akan membuat pengunjung sangat kecewa ketika teks postingan tidak muncul alias menghilang, dan akan mempengaruhi kinerja blog.

Merupakan fungsi dari adblock untuk memblokir semua iklan pada blog termasuk google adsense, namun akan menjadi masalah jika teks postingan ikut tidak muncul yang bisa membuat pengunjung berpikir bahwa postingan blog kita hanya berupa judul saja.

Menurut saya hal ini bukan karena kesalahan pada template tapi karena pengaruh dari script yang menampilkan iklan ditengah postingan. Kita bisa lihat kode <data:post.body/> untuk menampilkan postingan berada didalam div seperti contoh berikut ini:

<div id='middle-ads'>
<data:post.body/>
</div>

Biasanya untuk menampilkan iklan ditengah postingan / dibawah paragraf pertama / kedua, menggunakan kode script yang disimpan diatas </body>. Dan dari script itulah yang menurut saya menghilangkan teks postingan bersama iklan ketika adblock aktif.

Kode script seperti itu banyak macamnya, ada yang memang menampilkan iklan ditengah postingan dan ada juga yang hanya dibawah paragraf keberapa sesuai keinginan.

Solusinya bisa dengan menghapus iklan ditengah postingan, atau bisa menggunakan kode javascript berikut ini:

<script type='text/javascript'>
function insertAfter(addition,target) {var parent = target.parentNode;if (parent.lastChild == target) {parent.appendChild(addition);} else {parent.insertBefore(addition,target.nextSibling);}}var adscont = document.getElementById(&quot;middleads&quot;);var target = document.getElementById(&quot;middle-ads&quot;);var linebreak = target.getElementsByTagName(&quot;br&quot;);if (linebreak.length &gt; 0){insertAfter(adscont,linebreak[3]);}
</script>

Kode tersebut untuk menampilkan iklan dibawah paragraf keberapa sesuai keinginan kita sendiri, dan alhamdulillah teks postingan bisa tampil meski adblock aktif. Hal ini berdasarkan pada blog yang menggunakan template kompiajaib.

Demikian sekedar berbagi pengalaman kepada anda sekalian tentang Solusi Teks Postingan Hilang Saat Browser Pengunjung Menggunakan Adblock, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Amin ...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar