Manfaat dan Khasiat Vitamin E Untuk Kesehatan, Wanita, Kulit, dan Pengobatan

Manfaat dan Khasiat Vitamin E Untuk Kesehatan, Wanita, Kulit, dan Pengobatan

Manfaat dan Khasiat Vitamin E Untuk Kesehatan, Wanita, Kulit, dan Pengobatan


Manfaat atau khasiat Vitamin E untuk tubuh sudah terbukti sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan mata. Vitamin E adalah vitamin yang mudah larut dalam lemak. Meski saat ini vitamin E kadang kurang tercukupi oleh asupan makanan, tapi kita tak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah banyak menyediakan dalam bentuk suplemen.

Vitamin E adalah nama generik untuk "tokoferol" dan tersedia dalam empat bentuk yang berbeda. Ini adalah antioksidan larut lemak, yang dapat diperoleh hanya sebagai suplemen makanan. Manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh manusia seperti Mengencerkan Darah, Mengobati Diabetes dan Komplikasinya, Mencegah Kanker, Penyakit Syaraf dan Otak, Melawan Efek Negatif Penggunaan Obat Obatan, Masalah Kewanitaan, Kekuatan Fisik, Pencegahan dan Penyembuhan Penyakit

1. Mengencerkan Darah


Vitamin E mengencerkan darah yang dapat mencegah terjadinya stroke atau darah beku. Dengan kata lain, mencegah penggumpalan darah.  Manfaat vitamin E dalam mengencerkan darah dapat membantu dalam hal mencegah pengerasan pembuluh darah, serangan jantung, nyeri dada, sakit kaki karena penyumbatan pembuluh darah, dan tekanan darah tinggi.

2. Mengobati Diabetes dan Komplikasinya


Vitamin E juga dipercaya sebagai obat untuk diabetes serta berbagai komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

3. Mencegah Kanker


Vitamin E juga digunakan untuk mencegah terjadinya kanker, terutama kanker paru-paru, kanker mulut pada perokok, dan kanker kolorektal dan polip, lambung, prostat, dan kanker pankreas. vitamin E melindungi sel dan DNA dari kerusakan yang dapat berubah menjadi kanker. Vitamin ini mengurangi pertumbuhan tumor sekaligus meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah zat prakanker yang berubah menjadi karsinogen. Studi dengan subjek tikus menunjukkan bahwa vitamin E dioleskan pada kulit dapat membantu mencegah kanker kulit akibat dari paparan radiasi ultraviolet.

4. Penyakit Syaraf dan Otak


Manfaat vitamin E juga diyakini dapat mencegah dan mengobati penyakit otak dan sistem saraf termasuk penyakit Alzheimer, demensia, penyakit Parkinson, kram malam, dan untuk epilepsi, bersama dengan bantuan obat lain. Vitamin E juga digunakan untuk chorea Huntington, dan gangguan lain yang melibatkan saraf dan otot.

5. Melawan Efek Negatif Penggunaan Obat Obatan


Vitamin E digunakan untuk mengurangi efek berbahaya dari pengobatan medis seperti dialisis dan radiasi. Hal ini juga digunakan untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan dari obat-obatan seperti rambut rontok pada orang yang memakai doxorubicin dan kerusakan paru-paru pada orang yang memakai amiodarone.

6. Masalah Kewanitaan


Vitamin E juga bermanfaat secara spesifik untuk wanita, berikut adalah daftar manfaatnya yang dapat diperoleh dari vitamin ini:

  • Mencegah komplikasi pada kehamilan karena tekanan darah tinggi (pre-eklampsia)
  • Sindrom pramenstruasi (PMS)
  • Sindrom menopause
  • Hot flashes terkait dengan kanker payudara
  • Kista payudara.

7. Kekuatan Fisik


Vitamin E kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan ketahanan fisik, meningkatkan energi, mengurangi kerusakan otot setelah latihan, dan meningkatkan kekuatan otot yang dalam arti lain dapat menambah kekuatan.

8. Pencegahan dan Penyembuhan Penyakit


Selain beberapa hal di atas, vitamin ini juga dimanfaatkan untuk berbagai keluhan penyakit seperti: Katarak, Asma, Infeksi pernafasan, Gangguan kulit, Penuaan kulit, Sunburns, Cystic fibrosis, Infertilitas, Impotensi, Sindrom kelelahan kronis (CFS), Tukak lambung, Penyakit keturunan, Mencegah alergi, Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

1. Mengatasi Keriput


Keriput secara garis besar disebabkan oleh faktor usia, kerusakan radikal bebas, perawatan kulit yang tidak tepat dan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol berlebihan. Menurut buku “Healing with Vitamins: the Most Effective Vitamin and Mineral Treatments for Everyday Health Problems and Serious Disease”  minyak vitamin E mencegah pembentukan kerutan dengan memblokir kerusakan akibat radikal bebas. Ini memperbaiki keriput dengan meningkatkan produksi kolagen, jaringan ikat yang membuat kulit elastis. Vitamin E Oil juga memperbaiki dan mencegah keriput dengan mendukung pertumbuhan sel kulit baru dan mempercepat regenerasi sel.

2. Perawatan Kulit Malam Hari


Minyak vitamin E memberikan kulit dengan kelembaban yang diperlukan serta antioksidan untuk penyembuhan intens. Namun, Minyak vitamin E murni tidak ideal sebagai pelembab sehari-hari karena sangat kental dan lengket. Kombinasikan minyak vitamin E dengan manfaat minyak zaitun untuk membantu kulit halus dan terapi tambahan. Minyak zaitun mengandung asam oleat, yang membuat kulit lebih permeabel dan mampu menahan kelembaban yang diperlukan.

3. Guratan


Jaringan parut kulit kebanyakan berasal dari luka bakar, luka lama dan bekas operasi. Minyak vitamin E murni sangat membantu untuk penyembuhan bekas luka dan pencegahan karena masuk di bawah permukaan kulit untuk memblokir radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya untuk jaringan bekas luka karena mereka mempersulit dan memperlambat penyembuhan. Diane Irons, penulis “911 Beauty Secrets: an Emergency Guide to Looking Great at Every Age, Size and Budget” menjelaskan bahwa kekuatan antioksidan yang kuat dalam vitamin E juga membantu dalam produksi kolagen, yang memberikan elastisitas kulit yang tidak hadir di jaringan parut.

4. Mengurangi Bintik Coklat di Kulit


Bintik-bintik cokelat pada kulit yang disebabkan oleh penuaan, kerusakan akibat radikal bebas dan fungsi hati yang buruk. Vitamin E mencegah minyak dan perbaikan kerusakan radikal bebas. Ketika dioleskan ke bintik-bintik cokelat pada kulit, hal ini membantu untuk meringankan dan menghaluskan kulit kasar dengan pelumas membran sel dan mendorong regenerasi sel.

5. Kutikula


Minyak vitamin E murni merupakan pengobatan yang efektif untuk kutikula kering dan retak. Dengan menggunakan beberapa tetes minyak vitamin E untuk kuku dan kutikula membantu untuk untuk memperhalus mereka serta mencegah tumbuh kembali di masa depan.

Secara garis besar manfaat utama vitamin E untuk kulit adalah membantu proses penyembuhan. Seperti vitamin E diserap oleh lapisan epidermis kulit, dapat digunakan untuk mengobati sengatan matahari atau melindungi kulit dari sinar matahari. Manfaat vitamin E akan membantu mempertahankan kadar air alami pada kulit.Vitamin E membuat, kulit kering terlihat lebih sehat dan segar. Cobalah untuk menerapkan beberapa tetes minyak vitamin E untuk kuku dan kutikula yang merupakan cara yang efektif untuk merawat kulit.

Makanan yang Mengandung Vitamin E


Vitamin E banyak ditemukan pada makanan yang sangat mudah kita temukan sehari hari seperti: Minyak sayur, Sereal, Daging, Unggas, Telur, Buah-buahan, Sayuran, Minyak gandum, Brokoli, dan Bayam