Skip to main content

follow us

Khasiat dan Manfaat Katak Untuk Kesehatan Serta Habitatnya


Khasiat dan Manfaat Katak Untuk Kesehatan Serta Habitatnya. Secara umum binatang berbadan lebar-pendek dan kepala besar. Diantara jari-jarinya terdapat selaput renang; dapat hidup di air atau di darat. Pada awal hidupnya, setelah menetas, katak disebut berudu, berekor,bernafas dengan insang, pemakan plankton dan lumut. Setelah dewasa  berudu menjadi tak berekor, hidup didarat bernafas dengan paru-paru, pemakan serangga, cacing, dan ikan.

Kodok dan katak mengawali hidupnya sebagai telur yang diletakkan induknya di air, di sarang busa, atau di tempat-tempat basah lainnya. Beberapa jenis kodok pegunungan menyimpan telurnya di antara lumut-lumut yang basah di pepohonan. Sementara jenis kodok hutan yang lain menitipkan telurnya di punggung kodok jantan yang lembap, yang akan selalu menjaga dan membawanya hingga menetas bahkan hingga menjadi kodok kecil.Sekali bertelur katak bisa menghasilkan 5000-20000 telur, tergantung dari kualitas induk dan berlangsung sebanyak tiga kali dalam setahun.

Telur-telur kodok dan katak menetas menjadi berudu atau kecebong (b. Inggris: tadpole), yang bertubuh mirip ikan gendut, bernapas dengan insang dan selama beberapa lama hidup di air. Perlahan-lahan akan tumbuh kaki belakang, yang kemudian diikuti dengan tumbuhnya kaki depan, menghilangnya ekor dan bergantinya insang dengan paru-paru. Setelah masanya, berudu ini akan melompat ke darat sebagai kodok atau katak kecil.

Kodok dan katak kawin pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada saat bulan mati atau pada ketika menjelang hujan. Pada saat itu kodok-kodok jantan akan berbunyi-bunyi untuk memanggil betinanya, dari tepian atau tengah perairan. Beberapa jenisnya, seperti kodok tegalan (Fejervarya limnocharis) dan kintel lekat alias belentung (Kaloula baleata), kerap membentuk ‘grup nyanyi’, di mana beberapa hewan jantan berkumpul berdekatan dan berbunyi bersahut-sahutan. Suara keras kodok dihasilkan oleh kantung suara yang terletak di sekitar lehernya, yang akan menggembung besar manakala digunakan.

Pembuahan pada kodok dilakukan di luar tubuh. Kodok jantan akan melekat di punggung betinanya dan memeluk erat ketiak si betina dari belakang. Sambil berenang di air, kaki belakang kodok jantan akan memijat perut kodok betina dan merangsang pengeluaran telur. Pada saat yang bersamaan kodok jantan akan melepaskan spermanya ke air, sehingga bisa membuahi telur-telur yang dikeluarkan si betina.

Keistimewaan dan khasiat katak untuk kesehatan


  1. Darahnya jika diletakkan pada gusi penderita sakit gigi maka akan memudahkan pencabutannya
  2. Bagian badan yang dicabut bulunya lalu dibalut dengan darah katak maka bulu itu selamanya tidak akan tumbuh lagi
  3. Kaki katak apabila diikatkan penderita penyakit tulang insya Allah akan sembuh
  4. Lidah katak apabila diikatkan pada perempuan yang sedang tidur maka akan menceritakan semua yang dia lakukan sebelum tidur

Referensi: ensiklopedi nasional edisi fauna
Minhajut Thullab, II/191
Al-Muhadzab, I/25
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar