Skip to main content

follow us

Cara Jitu Memperkecil Ukuran Gambar Blog Melalui HP Loading Lebih Cepat


Masih ingat postingan sebelumnya tentang memperkecil gambar dengan photoshof? Nah kali ini kita akan mengulas hal yang sama, tapi melalui HP / smartphone. Kita tahu bahwa pada umumnya ngeblog itu mengunakan komputer / laptop karena memang lebih mudah dalam membuat postingan atau mengedit kode html.

Namun kadang komputer / laptop sedang bermasalah, atau kita sedang berada dalam perjalanan sehingga tidak bisa membuat postingan melalui perangkat tersebut apalagi untuk mengatur gambar postingan.


Karena itulah kami membagikan sedikit tips bagaimana cara memperkecil ukuran gambar menggunakan HP / smartphone. Silahkan ikuti tipsnya berikut ini:

Pertama; tentunya harus menginstall aplikasi untuk meresize gambar dari google play store, supaya lebih gampang saya contohkan menggunakan aplikasi Photo Resizer seperti tampak gambar dibawah ini:


Kedua; Setelah aplikasi dibuka maka akan tampak seperti gambar dibawah ini, pilih foto.


Dan akan dialihkan untuk memilih gambar seperti pada tampilan berikut:


Namun cara tersebut lebih sulit memilih gambar yang diinginkan karena langsung masuk ke isi memori internal/ eksternal. Karena itulah saya lbih memilih cara ketiga yang lebih gampang karena langsung masuk ke gallery.

Ketiga; Cara alternatif memilih gambar, silahkan Klik icon menu di pojok kiri atas seperti pada gambar berikut:


pilih foto - alternatif


Silahkan pilih galeri untuk mengambil gambar yang diinginkan,


Keempat; setelah gambar dipilih, silahkan klik icon 4 panah seperti tampilan berikut:


Maka akan muncul tampilan seperti ini:


Pada gambar di atas ada 2 pilihan yakni persen dan pixel, saran saya mengunakan ukuran pixel saja supaya hasilnya sesuai dengan ukuran template blog. Jika ukuran yang tertera tidak ada yang pas, silahkan pilih sesuaikan (custom) Silahkan sesuaikan ukuran gambar yang diinginkan, misalnya with 600px dan heigh 350px seperti ini:


Kelima; selesai dan gambar akan tersimpan di galeri. Mudah kan?

Selamat mencoba tips bagaimana cara memperkecil ukuran gambar postingan blog. Dan semoga bermanfaat...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar