Skip to main content

follow us

Bagaimana Cara Wanita Muslimah Mendapatkan Suami Yang baik Dalam Islam


Wahai muslimah, senang bisa menyapa anda semoga sehat wal afiyat. Setiap wanita muslimah tentunya berkeinginan untuk memiliki suami idaman yang baik. Dalam hal ini baik menurut Allah SWT. karena ketika kita menilai seseorang itu baik belum tentu baik juga menurut Allah SWT. Karena kadang penilaian kita dipengaruhi oleh beberapa hal seperti sifat / rasa cinta, nafsu, harta, tahta dan lain-lain.

Kita lihat dari sisi cinta; ketika kita mencintai seseorang seperti apapun dia, tetap saja baik menurut kita meski buruk menurut orang lain. Seperti semboyan berikut:

Bukan cantik yang membuat orang cinta, tapi cinta yang membuat orang cantik.

Lalu bagaimana cara kita bisa mengetahui seseorang (calon suami) itu benar-benar baik? maka harus menilai dari sisi Syariat, Alquran, dan Hadits. Dengan kata lain jangan sampai penilaian kita dipengaruhi oleh beberapa hal diatas.

Dan bagaimana kita bisa menilai baik ketika sudah terlanjur cinta? Tentu saja dengan cara meminta bantuan orang lain seperti guru, orang tua, teman, tetangga, dan saudara yang kita anggap bijak (mereka) dalam memberikan penilaian.

Nah untuk itu, kami akan sedikit memberikan gambaran bagaimana cara mendapatkan laki-laki / suami idaman yang baik, perlu kiranya anda mengenali sifat dan watak laki-laki tersebut. Kenapa? Sebab, jika anda sudah mengenalinya, diharapkan laki-laki itu memang pantas buat anda. Berikut ini adalah kriterianya:

  1. Yang berkemampuan; Artinya mampu adalah punya kesanggupan dalam melakukan segala hal untuk kelangsungan rumah tangga dan keluarga 
  2. Boleh dijadikan sebagai pengganti ayah bunda; Sanggup melindungi perempuan dari segala bahaya dan kecelakaan yang menimpa karena apabila seorang perempuan rela dinikahi, berarti ia rela melepaskan dirinya dari ayah bunda yang selama ini menjadi tempat pergantungan hidup. Kini berpindah kepada lelaki yang akan menjadi suaminya 
  3. Pandai menjaga derajat diri; apabila berbicara diamalkan; Selain itu suami yang baik akan senantiasa mengajak isteri ke arah kebaikan, menjauhkan yang mungkar. Begitu juga isteri yang baik. Seringkali ia mengajak suami kearah kebaikan dan sering mengingatkan.
  4. Mampu membantu istri dalam urusan rumah tangga; bisa memasak, menjahit juga membantu mencuci karena lelaki yang biasa membuat kerja begini, tidak akan membebankan istrinya kerja dirumah sekiranya istri tidak mampu. Seperti ketika istri sedang sakit atau melahirkan, maka suami yang menggantikan pekerjaan rumah. Bukan malah dibebankan kepada ibu mertua, dan asyik bersantai ria atau keluyuran seperti masih bujangan.
  5. Mempunyai kepercayaan kepada perempuan dan tidak mudah bersangka buruk; Biasanya apabila suami bertugas mencari nafkah maka istri akan menjaga segala amanah harta dan anak di rumah. Sekiranya suami tidak mempunyai kepercayaan kepada istri, ini berarti akan senantiasa menyangka buruk. Begitu juga istri jangan berbuat sesuatu yang mungkin bisa memicu suami berprasangka buruk.
  6. Rajin, berpemikiran luas dan tidak memakan harta perempuan; Lelaki begini adalah ciri-ciri yang tidak pemalas, ingin majudan tidak mengharapkan jerih payah istri.
  7. Mudah memaafkan; Apabila marah tidak berlarut-larut dan pintar menyimpulkan suatu masalah dengan tepat.
  8. Berasal dari keturunan orang yang baik-baik; setidaknya mempunyai akhlak dan budi bahasa mulia.

Bagaimana menurut anda? seperti itulah gambaran suami idaman yang baik, cukup sekian semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua utamanya anda. Amin ...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar