Skip to main content

follow us

Tips Bagaimana Cara Menumbuhkan Kebersamaan Dalam Keluarga


Kali ini kita akan sedikit memberikan tips bagaimana cara menumbuhkan kebersamaan dalam keluarga antara ayah ibu dan anak-anaknya. Salah satu hal penting dalam kehidupan berkeluarga (kelak bermasyarakat) adalah kebersamaan. Ibu dan ayah harus berupaya menumbuhkan kebersamaan dalam keluarga, khususnya antara kakak dan adik-adiknya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti membangun kebersamaan dalam keluarga dan sebagainya.

Berikut ini 10 tips bagaimana cara membangun kebersamaan dalam keluarga.


1. Melakukan aktivitas keagamaan bersama.
Bagi yang beragam islam bisa dilakukan dengan cara shalat berjamaah, mengikuti majelis taklim bersama, menyantuni anak yatim, dan lain-lain.

2. Makan bersama.

Makan bersama bisa dilakukan dimana saja, di rumah atau di luar rumah. Saat makan bersama, orangtua maupun anak-anak bisa saling berbagi cerita tentang aktivitas yang sudah dilakukan seharian, sehingga masing-masing anggota keluarga bisa tahu dan memahami aktivitas anggota keluarganya.

Sesekali perlu membuat jadwal makan bersama di restoran / lainnya supaya tidak bosan dengan menu yang ada di rumah.

3. Menonton televisi bersama.
Hindari memiliki televisi lebih dari satu dalam rumah supaya anggota keluarga bisa berkumpul bersama dalam satu ruangan dan bisa sambil ngobrol santai.

4. Mendampingi anak belajar.
Dengan mendampingi anak belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah, orangtua bisa mengetahui perkembangan sekolah anaknya dan membantu mencari jalan keluar atas kesulitan yang dihadapi anak di sekolah / madrasah.

5. Bercerita.
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa aktivitas bercerita yang dilakukan oleh orang tua dengan anaknya sangat bermanfaat bagi perkembangan kecerdasan emosi anak. Kecerdasan emosi merupakan faktor penentu paling besar dalam menentukan kesuksesan anak dimasa yang akan datang.

6. Bermain bersama anak.
Bermain bersama anak dapat dilakukan dengan cara bermain kuda-kudaan, bermain peran, bermain layang-layang, bermain petak umpet, atau permainan lain yang menjadi favorit anak. Hal ini akan memberi sumbangan dalam membangun kebersamaan keluarga.

7. Belanja bersama.
Mengajak anggota keluarga belanja bersama supaya mereka bisa memilih barang apa saja yang mereka butuhkan. Jika diperlukan, buatlah kesepakatan barang apa saja yang boleh dibeli, atau nominal uang yang akan dibelannjakan.

8. Liburan bersama.
Liburan bersama seharusnya dijadwalkan minimal satu tahun sekali. Liburan bersama tidak harus memilih tempat yang jauh dan butuh biaya yang mahal untuk mengunjunginya, sesuaikan dengan anggaran dan kemampuan yang ada. Yang terpenting adalah usahakan agar semua anggota keluarga bisa ikut dalam liburan bersama.

9. Libatkan kakak pada proses pengasuhan adik.
Lakukan dalam hal-hal yang menggembirakan keduanya, seperti memandikan adik, menemani adik bermain, mewarnai bersama, menggambar bersama, menyapu bersama, dan lain-lain.

10. Melatih si adik memberikan penghargaan kepada kakaknya.
Setelah kakak berbuat baik kepada adiknya, seperti terurai di bagian atas, kini giliran sang adik mengucapkan terima kasih atas setiap kebaikan yang dilakukan sang kakak kepadanya. Proses pembiasaan ini tidak mudah dan membutuhkan waktu lama, namun dengan kesabaran ibu dan ayah, pembiasaan ini insya Allah akan berhasil dengan baik dan berdampak baik pula, yaitu tumbuhnya kepedulian dan kebersamaan di lingkungan keluarga.

http://kalbar.bkkbn.go.id
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar