Skip to main content

follow us

Manfaat dan Khasiat Kucing Untuk Kesehatan Serta Tafsir Mimpinya


Kucing adalah salah satu kelompok binatang mamalia pemakan daging yang berukuran kecil ataupun sedang. Kalau menggigit binatang ini menggunakan mulut samping, berbeda dengan anjing yang menggunakan mulut depan. Cakarnya yang berbentuk cerulit dapat dikeluar-masukkan kantung kulit jarinya. Karena itu pada waktu kucing berjalan tidak terdengar suarra langkah kakinya. Pada waktu istirahat, kucing selalu melingkarkan ekornya kearah tubuh. Binatang ini melacak mangsanya dengan indera penglihatan dan pendengarannya. Dibanding dengan manusia, mata kucing enam kali lebih peka dalam menerima sinar bergelombang pendek.

Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Mereka memiliki Selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit.Meskipun demikian, penyempitan ini juga mengurangi bidang pandang kucing. Suatu organ yang disebut tapetum lucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya. Organ inilah yang menyebabkan warna-warni mata kucing ketika difoto dengan menggunakan blitz. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi trikomatik yang lemah.

Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan menggunakan "kumis" atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat.

Kucing memiliki kelopak mata ketiga yang disebut membrana niktitans. Kelopak ketiga ini terdiri dari suatu lapisan tipis yang dapat menutupi mata dan nampak ketika mata kucing terbuka. Membran ini menutup sebagian ketika kucing sedang sakit. Kadang kucing yang amat mengantuk atau gembira juga memperlihatkan membran ini.

Umumnya kucing hidup menyendiri seperti halnya harimau, macan tutul dan jaguar kecuali pada musim kawin. Binatang ini mempunyai perilaku kewilayahan yang kuat dengan ditandai air kencingnya dan kotorannya pada batu. Pada musim kawin, kucing jantan dan betina berkelana jauh mencari pasangan. Ketika bertemu, kucing ini bergulung-gulung, sementara yang jantan menggosok-gosokkan kepalanya pada tubuh si betina, jika sang betina menerima, binatang ini berbaring dengan posisi siap kawin. Hehe kayak kita aja

Umumnya semua daun telinga kucing tegak. Tidak seperti pada anjing, kucing dengan telinga terlipat amat jarang ditemukan. Jenis Scottish Fold adalah salah satu jenis kucing dengan mutasi genetik yang langka ini. Ketika marah atau takut, daun telinga kucing jenis ini akan tertekuk ke belakang sementara si kucing mengeluarkan suara menggeram atau mendesis. Ketika mendengarkan suatu suara, daun telinga kucing akan bergerak ke arah sumber suara; daun telinga kucing dapat mengarah ke depan, ke samping, bahkan seolah menoleh ke belakang.

Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadang kala kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka.

Kucing menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tetapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

Keistimewaan dan Khasiat Kucing


  • Orang yang makan daging kucing tidak akan mempan disihir
  • Empedunya bisa dibuat mengobati perempuan yang istihadhah dan dapat dibuat menghentikan darah haid
  • Taringnya bila dibuat azimat agar tidak mudah takut ketika berjalan diwaktu malam
  • Empedunya bila dicampur dengan empedu ayam hitam bisa melihat dan dipatuhi jin. Caranya empedu tersebut dikeringkan lalu dihaluskan dan dicampur dengan celak dan dibuat celak

Tafsir Mimpi Kucing


  • Kucing dalam mimpi adalah jelmaan seorang pembantu yang setia, juga perempuan penipu
  • Melihat kucing yang sedang memangsa sesuatu pertanda akan ada pencuri
  • Bermimpi digigit kucing pertanda akan ada wabah penyakit selama satu tahun
  • Mimpi makan daging kucing pertanda akan mempelajari ilmu sihir

Referensi:
Ensiklopedi nasional edisi fauna
Bijayrimi ala Minhajut Thullab, IV/305
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar