Skip to main content

follow us

Jadilah Orang Tua Yang Adil Terhadap Setiap Anaknya


Jadilah Orang Tua Yang Adil Terhadap Setiap Anaknya. Ibu dan ayah harus adil lahir batin dalam hal sikap, kasih sayang, dan tindakan. Sekecil apa pun perbedaan kasih sayang (kecenderungan hati) terhadap anak-anak, mampu ditangkap dan dirasakan oleh anak-anak. Jika ibu dan ayah berbeda penerimaan terhadap anak-anaknya, akan mendorong masalah yang serius bagi anak-anak yang merasa diperlakukan tidak adil atau dinomorduakan.

Kehidupan berkeluarga merupakan miniatur kehidupan bertetangga ataupun bermasyarakat. Ketika masih kecil, anak-anak belajar bergaul dan hidup bersama dengan saudaranya. Pengalaman hidup bersama dengan keluarga akan diterapkan dalam hidup bermasyarakat kelak pada saat mereka dewasa. Oleh karena itu sangat penting ibu dan ayah memberi pelatihan dan pengalaman hidup bersama secara sehat, yang tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Menerima perbedaan, tidak iri atas perbedaan yang diterima, mensyukuri apa pun yang diterima adalah salah satu sifat positif yang harus ditanamkan kepada anak-anak. Hal lain yang perlu juga ditanamkan adalah membangun persaingan sehat, yang berarti saling menyemangati dan saling membantu, dimana hal itu juga merupakan dasar-dasar sikap yang perlu dibiasakan dan ditanamkan kepada setiap anak.

Kesabaran, ketelatenan, dan terus belajar, adalah sikap yang sebaiknya ditunjukkan oleh ibu dan ayah demi keberhasilan mengantarkan anak-anaknya menjadi pribadi yang baik, menghargai orang lain, dan terhindar dari penyakit-penyakit rohani yang bakal berdampak pula pada penyakit jasmani.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar