Bisakah Loading Template Non AMP Lebih Cepat Dari Template AMP?

Bisakah Loading Template Non AMP Lebih Cepat Dari Template AMP?

Bisakah Loading Template Non AMP Lebih Cepat Dari Template AMP?


Bisakah Loading Template Non AMP Lebih Cepat Dari Template AMP? Setelah google meluncurkan accelered mobile page (AMP) untuk desain html blog, banyak yang sudah mengembangkan termasuk mas adhy suryadi lewat blog kompiajaib.com karena memang AMP lebih fokus pada akses mobile yang semakin banyak penggunanya.

Saya sendiri sempat tergiur dan mencoba edit template menjadi valid AMP ini, dan sampai sekarang blog ini belum menggunakan amp. Kenapa? Apa bisa template non amp bisa lebih cepat loadingnya daripada yang amp? dan bagaimana caranya? Karena penasaran akhirnya saya mencoba meminimalkan penggunaan javascript, dan walhasil blog ini lebih cepat dari blog amp sendiri.

Berikut ini yang saya lakukan sehingga blog lebih cepat dari blog amp:

Pertama,
blog ini hanya menggunakan 4 javascript yaitu; jquery, related post, disqus, dan blog pager. Dan 4 js tersebut saya satukan dan di defer menggunakan cara berikut ini:

cara menggabungkan semua js dengan defer

Kedua,
Tidak menggunakan style inline didalam postingan seperti:

style inline image
<div class="separator" style="clear: both; text-align: center;">

....................

</div>

style inline text-align
<div style="text‐align:justify;">

....................

</div>

Jadi pastikan semua style dan javascript ada di edit html, jangan ada di postingan, halaman static, atau widget.

Karena saya masih penasaran tentang blog lebih cepat dari amp, kemudian saya update status di facebook


Dari status diatas bisa disimpulkan bahwa template non amp bisa lebih cepat dari yang sudah valid amp, hanya saya untuk koneksi lemah akan dibuka dengan google web light yang bisa membuat tampilan blog berantakan karena google web light menghilangkan css dan javascript.

Walhasil, bisa kita acungi jempol kecepatan loading template amp html tapi alasan paling mendasar kenapa saya belum menggunakan template vaid amp karena related post dan komentar disqus masih lambat pemuatannya karena masih menggunakan iframe. Lalu bagaimana dengan anda? itu sih kembali pada masing-masing saja ya. Wassalam...