Skip to main content

follow us

Cara Memperbaiki Peringatan URL Yang di Block Pada Tab Smartphone di Search Console


Jika biasanya error yang terjadi pada blog adalah error 404, sekarang dengan meluasnya akses pengguna mobile / smartphone sering juga terjadi block (bukan error) pada url mobile seperti tampak pada gambar diatas, hal ini terjadi karena kemungkinan besar masalahnya ada pada template blog itu sendiri. Saya sempat dibuat bingung karena meskipun kita hapus di search console dalam 1-3 hari peringatan ini muncul lagi, padahal ditampilan mobile saya merasa tidak ada yang di block.

Dari gambar diatas menurut saya mungkin masalahnya ada pada pager halaman label untuk dekstop / mobile sehingga yang harus kita lakukan bukan menghapus URL tersebut di search console, tapi mengedit kode html setelah kita klik "sudah diperbaiki"

Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika saya menghapus url sebagaimana menghapus error 404 maka berselang 1-3 hari block url seperti ini muncul lagi. Ketika saya teringat video tutorial AMP HTML dari mas adhy suryadi, bahwa ada yang di edit pada bagian pager dan saya mencoba menerapkannya dalam hal ini dan alhamdulillah sudah 10 hari ini tidak muncul lagi, semoga saja tidak muncul nantinya yah.

Oke langsung pada judul diatas tentang cara memeperbaiki block url pada pager halaman label, silahkan simak pesan-pesan berikut ini:

Coba cari kode yang mirip seperti kode dibawah ini, biasanya terdapat lebih dari 1:

<div class='mobile-link-button' id='blog-pager-home-link'>
<a class='home-link' expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:homeMsg'><data:homeMsg/></a>
</div>

<div class='mobile-desktop-link'>
<a class='home-link' expr:href='data:desktopLinkUrl' expr:title='data:homeMsg'><data:desktopLinkMsg/></a>
</div>

ganti yang ditandai diatas dengan kode data:blog.homepageUrl

dan secara keseluruhan menjadi seperti ini;

<div class='mobile-link-button' id='blog-pager-home-link'>
<a class='home-link' expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:homeMsg'><data:homeMsg/></a>
</div>

<div class='mobile-desktop-link'>
<a class='home-link' expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:homeMsg'><data:desktopLinkMsg/></a>
</div>

Setelah itu cek secara berkala di search console, pengalaman saya setelah melakukan editing ini sudah tidak muncul block url lagi setelah 10 hari terakhir ini. Itulah yang saya alami, silahkan jika anda ingin mencobanya. Semoga bermanfaat...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar