Skip to main content

follow us

Benarkah Avast Free Anti Virus Menghambat / Memperlambat Koneksi Internet Anda?


Pernahkah anda merasa ada yang aneh dengan koneksi internet anda? padahal biasanya kecepatannya tinggi. Ya memang banyak hal yang mempengaruhi lambatnya koneksi internet, salah satunya adalah software antivirus. Hal ini berdasar pengalaman sendiri, seperti biasa saya menggunakan koneksi wifi hotspot dari handphone xiaomi note 4 sinyal full 4G ke laptop, jika browsing melalui hp lancar-lancar saja dengan kecepatan yang stabil wus wus, tapi saya merasa aneh saat browsing melalui laptop.

Jika biasanya koneksi internet lancar lalu kenapa bisa lelet dan lemot begini? kemudian saya mulai mencari hal yang menyebabkan koneksi internet lemot gini seraya bertanya-tanya: Apa memang dari koneksinya? tidak, karena saat akses langsung dari hp lancar. Apa dari browsernya? tidak juga, chrome biasanya lancar meski pindah ke mozilla firefox tetap sama. Apa kuotanya sudah habis? yaelah kuota masih banyak lah, kan baru beli.

baca: Tips menghemat kuota internet hp xiaomi

Lalu saya mulai mengingat sejak kapan koneksi internet ini menjadi lemah gini, dan ternyata sejak saya install software avast antivirus. Meski banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya koneksi internet, tapi avast free antivirus juga termasuk salah satunya. Iya untuk avast versi lama mungkin tidak masalah karena selama ini saya juga menggunakannya, hal ini terjadi sejak saya update ke program versi terbaru.

Bagaimana apa anda mengalami hal yang sama dengan saya? dan bagaimana mengatasinya? jika anda juga menggunakan avast antivirus, maka patut menjadi perhatian jika ternyata koneksi internet menjadi lemot seketika setelah update / install aplikasi tersebut.

Satu-satunya cara adalah menonaktifkan update otomatis pada setting avast, coba perhatikan gambar berikut:


Setelah masuk kedalam menu setting, klik pada bagian update. Ada dua hal disini, update virus definitions dan update program. klik settings yang di show hide, kemudian beri centang pada Manual Update, lakukan hal yang sama pada update program dibawahnya. (lihat gambar)


Sekarang bisa coba lagi koneksinya, ada perubahan atau tidak? jika ada perubahan koneksi menjadi wus wus, berarti memang itu biangkeroknya. Tapi jika masih lemot dan tidak ada perubahan, maka coba uninstall avast nya. Jika masih tetap sama, maka bisa dipastikan ada hal lain yang membuat masalah itu ya.

Oke cukup sekian dari saya tips tentang benar tidaknya avast antivirus memperlambat koneksi internet. Selamat mencoba...
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar