Keistimewaan Ikan Tidak Hanya Dimakan

Keistimewaan Ikan Tidak Hanya Dimakan

Keistimewaan Ikan Tidak Hanya Dimakan


Keistimewaan Ikan Tidak Hanya Dimakan. Ikan merupakan super kelas dari vertebrata yang hidup di air tawar atau air asin. Ciri khasnya adalah berdarah dingin, sebagian besar bernafas denga insang serta bergerak dan menjaga keseimbangan dengan menggunakan sirip. Ikan hidup dseluruh dunia; pada semua jenis perairan dan pedalaman. Jenis ikan amat beraneka ragam, umumnya bentuk ikan memipih tegak, namun ada pula yang memipih datar seperti ikan pari atau berbentuk bola ketika menghadapi bahaya. Ikan berperan penting dalam kehidupan menusia, terutama sebagai protein hewani. Ikan adalah sumber makanan yang penting. Hewan air lain, seperti moluska dan krustasea kadang dianggap pula sebagai ikan ketika digunakan sebagai sumber makanan. Menangkap ikan untuk keperluan makan dalam jumlah kecil atau olah raga pancing sering disebut sebagai memancing. Hasil penangkapan ikan seluruh dunia setiap tahunnya berjumlah sekitar 100 juta ton pertahun.

Ikan memiliki indera seperti indera penglihat, pendengar, perasa dan pembau. Tidak semua ikan memiliki mata, misalnya ikan yang hidup diperairan Afotik atau sungai bawah tanah. Mata ikan tidak berkelopak, memiliki lensa yang membulat, dan keduanya terletak dikedua sisi kepala kecuali bentuk ikan yang memipih datar terdapa pada satu sisi seperti ikan lidah.

Ikan dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan air hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan air. Namun, danau yang terlalu asin seperti Great Salt Lake tidak bisa menghidupi ikan. Ada beberapa spesies ikan dibudidayakan dan dipelihara untuk hiasan dalam akuarium, kita kenal sebagai ikan hias.

Keistimewaan dan Khasiat Ikan



  1. Daging ikan mempunyai peranan penting bagi kesehatan dan dapat menambah protein dan gizi
  2. Ikan yang tidak bersisik dan tidak bersirip mengandung kolesterol lebih besar dari pada ikan yang bersisik dan bersirip, bahkan ada ikan yang mengandung racun
  3. Terlalu banyak mengkomsumsi ikan dapat menambah kolesterol yang pada akhirnya menyebabkan kanker payudara dan penyakit jantung

Referensi : an-nabaat lima yahillu wa yahrumu min al-hayawan, 57 - ensiklopedi nasional edisi fauna.