Skip to main content

follow us

Habitat dan 6 Manfaat Kepiting atau Ketam Adalah


Habitat dan 6 Manfaat Kepiting atau Ketam. Binatang ini sulit dicari kepalanya, matanya terletak dipundak, bagian perut mengecil, terletak dibawah punggung yang berkulit tebal sebagai perisai, dan tumbuh melebar kesamping. Kepiting sejati mempunyai lima pasang kaki; sepasang kaki yang pertama dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak. Di hampir semua jenis kepiting, perutnya terlipat di bawah. Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih, mirip dengan insang udang, namun dengan struktur yang berbeda.

Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau). Kepiting beraneka ragam ukurannya, dari ketam kacang, yang lebarnya hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang, dengan rentangan kaki hingga 4 meter.

Catatan:
kepiting, rajungan dan kampat tidak mampu hidup di dua alam. Oleh karena itu tiga binatang ini hukumnya halal dimakan, berbeda dengan ketam yang hukumnya haram karena bisa hidup di dua tempat (jenis amfibi)

Keistimewaan dan Khasiat Kepiting


  1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap kepiting yang bisa dikonsumsi hanya sekitar 45%. Meski sedikit yang bisa dikonsumsi, tapi kandungan gizinya sangat besar. Diantaranya adalah mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A/B1/C. Selain itu, dalam jumlah kecil kepiting juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti Vitamin B12, Asam Lemak Omega 3, Mineral Selenium, Mineral Copper, Mineral Zinc, serta Lemak Jenuh.
  2. Daging kepiting berguna untuk menyembuhkan sakit encok
  3. Kepalanya bila digantungkan kepada seseorang maka ia akan tahan untuk tidak tidur selagi bulan masih bersinar
  4. Kepiting yang telah dibakar lalau dimasukkan kedalam anus orang yang terkena penyakit ambeien akan segera sembuh
  5. Kakinya bila digantungkan ke pepohonan yang sedang berbuah maka buahnya bisa rontok
  6. Dagingnya berguna untuk orang yang tertimpa penyakit TBC, juga berguna untuk menghilangkan bisa/racun ular dan kalajengking

Tafsir Mimpi Kepiting


  1. Bermimpi kepiting pertanda orang yang licik dan dengki
  2. Bermimpi makan daging kepiting pertanda akan mendapatkan kebaikan ditempat yang jauh
  3. Daging kepiting juga pertanda harta yang haram

Tambahan
  • Setelah mengkonsumsi kepiting jangan minum teh, karena bisa melumerkan getah lambung. akibatnya, daya serap pencernaan akan terganggu, dan getah lambung tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai pembasmi kuman, sehingga virus dan bakteri yang terdapat pada lambung dapat hidup dengan bebas. Disamping itu, teh juga mengandung asam tanat yang dapat menimbulkan penyakit lambung jika diminum setelah menyantap kepiting.
  • Kandungan kolesterol kepiting terbilang cukup tinggi, yakni 76 mg/100 gram, sementara kolesterol yang dianjurkan untuk dikonsumsi perhari tidak boleh lebih dari 300 mg. Makanya agar bisa memperoleh manfaat dari kepiting, maka makan secukupnya dan jangan berlebihan, karena yang akan didapat bukan lagi manfaat melainkan penyakit.
  • Bagi mereka yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya membatasi konsumsi kepiting, karena kandungan basa purin pada binatang bercangkang ini dapat memicu peningkatan kadar asam urat di dalam darah.
  • Buah lainnya yang harus dihindari saat makan kepiting adalah buah peer, karena buah ini memiliki sifat dingin, sama dengan kepiting yang juga bersifat dingin. Jika keduanya dikonsumsi dalam waktu hampir bersamaan maka yang terjadi adalah risiko pencernaan buruk, bahkan dapat membuat limpa lambung terluka.
  • Daging kambing tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan kepiting, karena daging kambing memiliki sifat panas, sementara kepiting bersifat dingin. Jika keduanya dikonsumsi bersamaan, selain manfaat dari keduanya saling mematikan atau berkurang juga dapat mengganggu kerja limpa lambung.

Referensi :
ensiklopedi nasional edisi fauna
al-Majmu’ IX/30
Hayatul hayawan, II/20
Bijayrimi ala al-Khatib
http://manfaat.co.id/
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar