Skip to main content

follow us

Manfaat Garangan Untuk Mengobati Sakit Encok, Kusta, dan Menumbuhkan Rambut


Manfaat Garangan Untuk Mengobati Sakit Encok, Kusta, dan Menumbuhkan Rambut. Saya yakin anda sudah tahu seperti apa binatang yang satu ini karena memang sering berkeliaran disekitar kita untuk mencari makan. Tahukah anda bahwa ternyata garangan juga memiliki banyak manfaat dan khasit untuk kesehatan kita, seperti untuk mengobati sakit encok dan kusta, menumbuhkan rambut kepala botak, dan lain-lain. Namun sebelum itu kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang kehidupan binatang yang satu ini.

Garangan termasuk kerabat musang. Bentuk tubuhnya kecil mirip tupai. Warna bulunya kelabu kekuningan, colekat kekuningan, dan cokelat kelabu dengan bercak-bercak putih. Cakar jari kaki depan melengkung tajam. Cakar ini berfungsi untuk menggali tanah ketika akan menangkap mangsa yang umumnya berupa tikus yang bersembunyi dalam liang.

Garangan merupakan binatang yang lincah, dapat berdiri, meloncat dan berlari cepat. Pada saat bahaya, garangan menegakkan bulu-bulu disekitar kuduknya, sehingga badannya tampak lebih besar dari pada ukuran sebenarnya. Hewan ini juga memiliki kelejar bau yang terletak didekat anus, yang dapat menyemprotkan cairan yang berbau kasturi.

Salah satu taktik memperdaya mangsa, terkadang garangan berbaring di antara timbunan sampah sehingga yang tampak hanya bagian kepalanya dengan sedikit meringis, dan memperlihatkan gigi serinya yang putih. Dengan keadaan seperti ini, ayam yang sedang berkeliaran terkecoh oleh benda warna putih yang disangka nasi.

manfaat dan Khasiat Garangan


  • Kepalanya bila diletakkan di sangkar burung, maka burung itu akan lari dari tempat itu.
  • Empedunya bila ditiupkan pada orang pingsan, maka akan segera siuman dan insya Allah tidak akan pingsan lagi.
  • Lemaknya berguna menyembuhkan sakit encok.
  • Darahnya dapat menumbuhkan rambut kepala botak dengan cara dioleskan.
  • Dagingnya dapat menyambuhkan penyakit kusta.

Referensi : ensiklopedi nasional edisi fauna - Kifayatul Akhyar, II / 231
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar