Skip to main content

follow us

Manfaat Daging dan Telur Bebek / Itik Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Anak dan Tips Puasa Anak Lancar. Bebek atau Itik termasuk binatang omnivora yakni makan segala. Pakannya biji-bijian, rerumputan, ubi-ubian dan binatang kecil. Bebek memakan makanan yang bervariasi, seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil. Itik menyelam mencari makanan di kedalaman air. Itik berkembang biak dengan bertelur. Telurnya berwarna biru muda kehijauan, tubuh itik ditutupi bulu yang umumnya berwarna cokelat keabuan. Bulunya yang tebal dilapisi zat berminyak sehingga menjadi tahan air, Itik suatu jenis binatang perenang yang handal yang banyak dipelihara.

Secara keseluruhan tubuh bebek berlekuk dan lebar, dan memiliki leher yang relatif panjang, meski tidak sepanjang angsa. Bentuk tubuh bebek bervariasi yang pada umumnya berbentuk membulat. Paruhnya yang memipih ditutupi selaput tipis yang berguna sebagai penyaring makanan. Pada spesies penangkap ikan, paruhnya berbentuk lebih panjang dan lebih kuat. Kakinya yang bersisik kuat dan terbentuk dengan baik, dan umumnya berada jauh di belakang tubuh. meski sayapnya tak sepanjang angsa, tapi cukup kuat untuk menghindar dari bahaya dan terbang pendek membutuhkan kepakan berkelanjutan sehingga membutuhkan otot sayap yang kuat.

Di seluruh dunia, bebek memiliki banyak predator. Bebek muda umumnya rentan karena ketidak mampuan mereka untuk terbang. Bebek muda umumnya menjadi mangsa ikan besar seperti ikan pike, buaya, dan pemburu air lainnya, termasuk burung pemakan ikan seperti burung kuntul. Sarang bebek sering dirampok oleh predator daratan seperti rubah atau burung besar seperti elang.

Bebek memiliki penyebaran yang sangat luas dan dapa ditemukan di hampir setiap wilayah di dunia ini kecuali Antartika. Beberapa spesies mendiami daerah subantartika di Georgia Selatan dan Kepulauan Auckland. Beberapa jenis dapat mendiami daerah kepulauan samudra seperti di Hawaii, Selandia Baru, dan Kerguelen meski spesies jenis ini sedang dalam keadaan terancam atau telah punah.

Beberapa spesies bebek yang berkembang biak di wilayah arktik yang hangat ketika musim panas, adalah spesies migratori. Beberapa spesies di Australia di mana hujan terjadi secara periodik, bebek tersebut berperilaku nomadik; mencari perairan (danau dan kolam) yang terbentuk setelah hujan lebat. Bebek dapat diterima di area berpenduduk padat. Pola migrasi mereka telah berubah sehingga banyak spesies yang menetap bahkan di musim dingin.

Manfaat dan Khasiat Daging bebek / itik


  1. Dagingnya dapat menyuburkan pertumbuhan badan. Hanya saja jika banyak mengkonsumsi daging itik akan dapat mengeluarkan banyak keringat. Namun dapat dihindari dengan meniupkan borak (bahan kimia) pada tenggorokan itik sebelum di potong
  2. Dagingnya juga cocok untuk orang yang bertempramen panas. Jika dipanggang, sebaiknya diolesi dengan minyak untuk menghilangkan bau tidak sedap

Manfaat Telur Itik / Bebek


Ukuran telur bebek lebih besar dibandingkan dengan ayam. Manfaatnya untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini :

1. Menjaga Mata Agar Tetap Sehat


Kandungan vitamin A nya yang tinggi, dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Mata yang kurang asupan vitamin akan berwarna keruh dan tidak bening lagi. Mata juga menjadi kuning karena kurang vitamin.Satu butir telur bebek mengandung vitamin A sebesar 472 IU, vitamin A dengan kandungan sebesar itu merupakan asupan vitamin yang sangat direkomendasikan setiap harinya.

2. Membuang Radikal Bebas dan Sistem Imun


Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan juga memperkuat kesehatan tulang dan gigi. Manfaat antioksidan merupakan salah satu zat yang dapat memerangi radikal bebas dan meningkatkan sitem imun tubuh.

3. Tulang dan Gigi


Jika Anda sering mengkonsumsi vitamin A, maka gigi dan tulang Anda akan terhindar dari keropos. Tulang dan gigi yang keropos akan membuat performa Anda kedepannya akan semakin terbebani.

4. Membantu Metabolisme Tubuh dan Pencernaan Manusia


Vitamin E yang ada di dalam telur bebek sangat bermanfaat dalam membantu pencernaan manusia dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh manusia. Di dalam telur bebek terdapat sekitar 0,9 miligram vitamin E, vitamin E dengan kandungan itu merupakan 3 persen dari kebutuhan vitamin E yang ada di dalam tubuh dan kandungan yang disarankan oleh para ahli.

Vitamin E di dalam tubuh dapat dijadikan sebagai antioksidan tinggi yang bisa bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang ada di dalam kehidupan ini, vitamin E juga dapat bermanfaat untuk membantu pencernaan yang lebih baik dan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Jika metabolisme di dalam tubub bagus bermanfaat dalam menangkal virus dan berbagai infeksi penyakit yang akan menyerang tubuh.

5. Membantu Tubuh Manusia Dalam Memproduksi Hormon


Telur bebek memiliki kandungan mineral dan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan telur bebek juga mengandung selenium. Selenium ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu tubuh dalam menciptakan hormon bernama tiroid. Zat besi yang terdapat dalam telur bebek bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah. Darah merah ini berfungsi dalam membawa dan mengangkut oksigen yang ada di dalam tubuh dan diedarkan ke seluruh tubuh, tidak hanya itu saja zat besi juga berfungsi dalam menghasilkan energi bagi tubuh.

6. Menambah Vitalitas Bagi Pria


Telur bebek yang tinggi protein bisa berguna dalam menambah vitalitas pria, terutama pria yang memiliki pekerjaan berat, telur bebek bisa menjaga stamina dan menghasilkan energi yang lebih banyak. Oleh sebab itu disarankan pria yang memiliki pekerjaan berat untuk selalu mengkonsumsi telur bebek.

Banyak sekali bukan khasiat telur bebek bagi kesehatan Anda. Tidak hanya itu saja telur bebek juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Berikut ini beberapa khasiat telur bebek bagi kecantikan:

7. Mencerahkan Wajah


Manfaat dari telur bebek buat kecantikan yang pertama adalah bermanfaat dalam mencerahkan wajah. Putih telur bebek memiliki kandungan yang lebih pekat dibandingkan dengan telur ayam. Putih telur bebek sangat bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kulit wajah sehingga wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Cara Penggunaan

  • ambil putih telur bebek dan letakkan di dalam cawan
  • Kemudian oleskan putih telur itu ke wajah Anda dan biarkan meresap ke dalam kulit.
  • Diamkanlah selama tiga puluh menit kemudian bilaslah menggunakan air hangat.
  • Lakukanlah selama seminggu tiga kali, dijamin wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan lebih bersih.

8. Menghilangkan Jerawat


Sejak zaman dahulu merawat kecantikan menggunakan putih telur bebek sudah dikenal oleh masyarakat luas. Hal itu dikarenakan caranya praktis, mudah dan hasilnya sangat memuaskan. Masker wajah dari putih telur bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, flek hitam akibat bekas jerawat dan juga masalah seperti komedo. Untuk membuat masker yang bermanfaat dalam mengatasi jerawat pilihlah telur bebek yang masih segar dan bagus. Untuk melihat kualitas dari telur tersebut Anda bisa melihatnya dari cangkang telur bebek tersebut. Jika cangkangnya tidak terdapat retakan bisa dipastikan bahwa telur bebek masih dalam keadaan bagus. Goyangkan telur tersebut, apakah terdengar suara di dalamnya atau tidak. Telur dengan kualitas bagus tidak akan mengeluarkan suara samasekali.

Cara Penggunaan

  • Siapkan putih telur bebek dan perasan air lemon
  • Kocoklah putih telur bebek menggunakan sendok sampai berbuih atau berbusa
  • kemudian campurkan menggunakan perasan air jeruk lemon
  • Usapkan ke seluruh wajah sampai merata kemudian diamkan selama 15 menit
  • Bersihkan menggunakan washlap yang telah dicelupkan ke air hangat.

9. Memperindah Mata


Untuk memperindah mata, telur memiliki kandungan karotenoid yang sangat bermanfaat dalam mempercantik mata. Konsumsilah kuning telur dari telur bebek secara teratur maka mata Anda akan cantik dan juga sehat. Karotenoid ini adalah pigmen organik yang terdapat dalam tumbuhan dan beberapa organisme seperti alga.

10. Melembabkan Rambut


Telur bebek juga bermanfaat dalam menjaga keindahan rambut, untuk melembabkan rambut dibutuhkan kondisioner yang bermanfaat dalam menjaga kelembaban rambut. Untuk membuat kondisioner alami bagi rambut dibutuhkan kuning telur bebek. Bahan pendukung lainnya adalah buah alpukat.

Cara Membuat

  • melumatkan buah alpukat menjadi seperti bubur
  • Campurkan dengan kuning telur bebek yang sudah ada.
  • Aduklah kedua bahan tersebut menjadi satu.
  • Setelah kondisioner alami Anda jadi, keramaslah menggunakan shampoo yang biasa Anda gunakan
  • setelah Anda keramas gunakanlah kondisioner yang telah jadi tadi dan diamkanlah selama 15 menit agar kondisioner itu meresap ke dalam rambut.
  • Bilaslah menggunakan air bersih dan lakukanlah perawatan ini selama seminggu dua kali sehingga hasil akan lebih maksimal. Rasakanlah perbedaan pada rambut Anda.

11. Mengatasi Wajah Kering


Wajah kering memang menjengkelkan, wajah kering akan terlihat kusam dan tidak terawat. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan telur bebek.

Cara Penggunaan
  • Mengambil kuning telur bebek
  • Oleskanlah kuning telur bebek ke wajah dan diamkan selama 20 menit.
  • Bilaslah menggunakan air bersih, mungkin baunya akan sangat amis.
  • Setelah dibilas menggunakan air, Anda bisa mengaplikasikan cleanser setelah wajah Anda dibilas.
  • Sangat banyak bukan kandungan telur bebek yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa pengobatan tradisional juga memanfaatkan telur bebek dalam ramuan dan berbagai jenis jamu tradisional.

Referensi : al-Iqna’ II/274 – ar-Raudhah II/542 - ensiklopedi nasional - https://id.wikipedia.org - manfaat.co.id
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar