Skip to main content

follow us

Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Angsa Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Anak dan Tips Puasa Anak Lancar. Angsa merupakan salah satu burung air terbesar yang dapat terbang. Spesies terbesar dari angsa, yaitu Angsa Putih, Angsa Trompet, dan Angsa Whooper dapat mencapai panjang 60 inci dan berat 50 pound. Bentangan sayap mereka dapat mencapai panjang tiga meter. Dibandingkan dengan saudaranya, angsa berleher pendek, angsa berukuran lebih besar dalam ukuran dan secara proporsional memiliki kaki dan leher yang lebih besar. Pada angsa dewasa, mereka mempunyai tanda berupa kulit yang tidak ditutupi bulu di antara mata dan paruh. Angsa jantan dan betina mirip, tidak menunjukkan sifat dimorfisme seksual. Namun ukuran angsa jantan umumnya lebih besar dan lebih berat.

Spesies di belahan bumi utara memiliki warna bulu yang putih bersih, namun angsa di belahan bumi selatan campuran warna hitam dan putih. Angsa Hitam Australia (Cygnus atratus) berwarna hitam secara keseluruhan kecuali bulu yang dugunakan untuk terbang pada bagian sayapnya. Angsa hitam muda berwarna abu-abu cerah. Di Amerika Selatan, Angsa Berleher Hitam memiliki leher berwarna hitam sesuai namanya. Kaki angsa umumnya berwarna abu-abu gelap, kecuali dua spesies yang berasal dari Amerika Selatan yang memiliki kaki berwarna merah muda. Warna paruh bervariasi; spesies subartik memiliki paruh berwarna hitam dengan campuran warna kuning. Yang lainnya berwarna merah dan hitam. Dan diantara jenis angsa adalah Angsa Putih, Angsa Trompet, dan Angsa Whooper

Angsa umumnya terdapat di daerah beriklim sedang, jarang terdapat di daerah tropis. Lima spesies terdapat di belahan bumi utara, satu spesies ditemukan di Australia dan Selandia Baru, sisanya tersebar di Amerika Selatan. Angsa tidak terdapat di Asia tropis, Amerika Tengah, bagian utara Amerika Selatan, dan seluruh Afrika.

Angsa makan di daratan dan di air. Mereka hampir selalu bersifat herbivora, meski sejumlah kecil hewan akuatik kecil menjadi mangsa mereka. Di perairan, makanan mereka dapatkan dengan menyaring air, dan makanan mereka terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman akuatik dan tanaman dalam air.

Angsa membentuk ikatan monogami yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, ikatan ini dapat berlangsung seumur hidup. Sarang mereka berada di daratan dekat perairan, dan jaraknya sekitar satu meter. Tidak seperti bebek dan angsa berleher pendek, angsa jantan membantu pembangunan sarang. Ukuran rata-rata telur angsa adalah (tinggi x diameter) 113 x 74 mm dan berat 340 g. Inkubasi berlangsung selama 34-45 hari.

Selain itu disamping mengetahui kehidupan angsa, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui manfaat telur angsa untuk kecantikan dan kesehatan meski tidak begitu populer di tengah-tengah kita. Berikut ini beberapa manfaat telur angsa:

1. Mempercepat proses kehamilan


Manfaat dari telur angsa rebus lainnya adalah dapat mempercepat proses kehamilan. Mempercepat proses kehamilan ini berarti ketika seseorang ingin hamil, maka telur angsa rebus dapat membantu menstimulasi dan mempercepat terjadinya proses pembuahan janin.

2. Baik untuk Kesuburan Kandungan


Manfaat telur angsa rebus memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satu fungsi utama dari asam folat yang terkandung di dalam telur angsa rebus adalah sangat baik bagi kesuburan kandungan.

3. Baik untuk Perkembangan Otak


Anda ingin memiliki buah hati yang pintar? Maka anda pun harus dapat menjaga asupan gizi janin anda agar perkembangan otak sang janin tidak mengalami gangguan. Salah satu manfaat telur angsa ini adalah dapat membantu perkembangan otak, terutama ketika berada dalam masa kandungan dan 3 tahun pertama.

4. Menambah daya tahan tubuh


Telur angsa rebus, sama seperti jenis telur lainnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaat utama dari vitamin dan mineral yang ada di dalam telur angsa rebus ini adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh anda terjaga, maka anda akan :

  • Mudah terhindar dari berbagai jenis penyakit
  • Tidak mudah lelah dalam beraktivitas
  • Dapat beraktivitas dengan optimal dan penuh semangat

5. Sumber protein yang tinggi


Telur angsa ternyata juga memiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan proteinnya kira-kira sebesar 13.9% dari total berat telur angsa itu sendiri. Tentu saja protein ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan tubuh. Biasanya manfaat protein yang ada pada telur angas ini dapat berguna untuk :

  • Membentuk dan meningkatkan massa otot
  • Memberikan kekuatan bagi tubuh
  • Memberikan tenaga untuk beraktivitas
  • Mengikat lemak
  • Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

6. Mengandung zat besi dan kalium


Telur angsa tugas memiliki kandungan manfaat zat besi dan kalium yang cukup tinggi, yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kedua zat ini sangat berperan penting bagi :

  • Pembentukan sel darah merah
  • Pencegahan terhadap anemia
  • Peningkatan imunitas dan daya tahan tubuh
  • Penyembuhan luka, karena dapat mempercepat penyembuhan luka

7. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi


Yap, manfaat telur angsa ialah telur angsa dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat kalsium dan manfaat fosfor pada telur angsa yang cukup tinggi. Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium dan fosfor yang terkandung dalam telur angsa ini juga bermanfaat untuk Mencegah osteoporosis dan Menambah tinggi badan, terutama dalam masa pertumbuhan.

8. Kandungan Vitamin B2


Telur angsa memiliki kandungan vitamin B2. Manfaat Vitamin B terutama B2 yang ada pada telur angsa ini memiliki beberapa manfaat penting bagi tubuh kita, yaitu :

  • Menjaga ketahanan saraf
  • Mempercepat pemindahan rangsangan cahaya menuju ke saraf mata.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah terjadinya sariawan dan bibir pecah-pecah

9. Menghilangkan jerawat


Manfaat telur angsa juga dapat berguna sebagai obat penghilang jerawat. Carana dengan menggunakan manfaat putih telur angsa sebagai masker wajah. Putih telur ini dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit secara alami sehingga dapat mengurangi resiko munculnya jerawat.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan putih telur sebagai masker wajah :

  • Pisahkan putih telur dan kuning telur angsa
  • Anda dapat menambahkan manfaat buah-buahan untuk masker, seperti perasan jeruk lemon, alpukat, nanas, dan atau bisa dengan menambahkan manfaat madu.
  • Aduk putih telur dan campurannya hingga rata dan berbuih
  • Oleskan masker ke seluruh bagian wajah, tunggu hingga kering
  • Setelah kering bilas masker dengan air bersih hingga benar-benar bersih

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun telur angsa memiliki kekurangan yaitu kandungan lemak dan kolestrolnya yang tergolong tinggi. Hal ini patut anda waspadai, terutama bagi anda yang memiliki penyakit kolestrol, dan jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi telur angsa ini. Itulah beberapa manfaat dari telur angsa.

Hanya saja saat ini sudah sedikit orang yang berternak atau memelihara angsa secara khusus dan biasanya angsa hanya dipelihara layaknya hewan peliharaan, bukan untuk diternak. Karena itu, saat ini produk-produk hasil olahan angsa cenderung sulit dan jarang ditemui di pasaran. Angsa sendiri tidak terlalu sulit untuk dipelihara atau diternakkan, seperti layaknya jenis itik, bebek dan unggas lainnya seperti ayam, angsa sangat mudah untuk dipelihara. Pakan untuk berternak angsa pun cukup banyak tersedia di pasaran.

Referensi : al-Iqna’ II/274 – ar-Raudhah II/542 – ensiklopedi nasional edisi fauna - https://id.wikipedia.org - manfaat.co.id
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar