Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Tupai Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Tupai Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Tupai Untuk Kesehatan


Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Tupai Untuk Kesehatan. Tupai, mungkin nama binatang yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun tahukah anda bahwa daging tupai juga bermanfaat untuk kesehatan? Sebelum itu, sebaiknya kita telaah dulu seperti apa tupai dalam kehidupan atau habitatnya. Ada dua jenis tupai yang banyak kita kenal. Yaitu tupai bruyuk dan tupai moncong kecil. Keduanya nyaris sama, bedanya ujung ekor tupai bruyuk berambut lebih lebat . semua tupai mengalami masa bunting sekitar tujuh minggu lalu melahirkan anak yhang kurang berkembang (telinga dan mata masih tertutup, gigi belum tumbuh).

Diusia 3-4 bulan, anak tupai sudah dewasa dan memiliki kelamin, kemudian berkembang biak. Tupai hanya beranak 1-3 ekor. Anaknya dilahirkan dilubang pohon atau lubang sarang yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya. Beberapa hari sebelum melahirkan, sarangnya dilapisi dengan dedaunan.

Percobaan laboratorium telah menunjukkan bahwa tupai biasa melahirkan anak disarang lain. Hal ini ada hubungan dengan kenyataan bahwa binatang ini hanya menyusui anaknya sekali dalam dua hari. Berbeda dengan kebiasaan mamalia kecil lainnya yang hidup didalam sarang, induk tupai tidak membersihkan dan menghangatkan ananya.

Manfaat Otak Tupai


Tupai memiliki otak yang relatif besar. Rasio besar otak berbanding besar tubuh pada tupai adalah yang terbesar pada makhluk hidup, bahkan mengalahkan manusia.

Selain itu, otak tupai juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit keterbelakangan mental pada anak. Bila kita tidak ingin repot mengolah daging tupai, saat ini sudah banyak sekali yang mulai menjual daging tupai dalam bentuk kapsul yang siap diminum.

Kandungan Gizi Daging Tupai


Daging tupai dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang berat. Dalam 100 gram daging tupai ternyata terdapat 21.4 gram protein. Protein ini merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein berguna untuk keseimbangan tubuh, tempat untuk merambatnya impuls saraf, mengatur metabolisme tubuh, dan sebagai bahan untuk terbentuknya enzim.

Daging tupai juga dipercaya mempunyai kandungan lemak yang rendah yang baik bagi tubuh. Pada daging tupai juga mengandung mineral yang cukup baik bagi tubuh kita.

Seperti yang kita ketahui, tubuh kita membutuhkan mineral yang cukup banyak maka disaat kita mengkonsumsi daging tupai asupan mineral yang masuk ke dalam tubuh kita juga akan bertambah. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada daging tupai, maka daging tupai dapat dikatagorikan sebagai makanan yang cukup bergizi untuk tubuh kita.

Manfaat Daging Tupai


Masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui manfaat dari daging tupai. Percaya tidak percaya ternyata daging tupai mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan manusia. Beberapa penyakit dipercaya dapat disembuhkan dengan daging tupai. Penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan daging tupai antara lain :

  1. Tupai Dapat Menyembuhan penyakit kencing manis
  2. Menyembuhan penyakit diabetes
  3. Menyembuhan penyakit kanker
  4. Menyembuhan penyakit rematik
  5. Menyembuhan penyakit lever
  6. Menyembuhan penyakit menambah stamina
  7. Daging tupai menurut sebagian ulama dalam kitab Hayatul Hayawan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit jiwa, stress yang disebabkan kesedihan yang berlarut-larut.

Cara Mengelola Daging Tupai


Cara mengolah daging tupai tidaklah susah. Banyak orang yang konsumsi daging tupai dengan cara disate, digoreng, dimasak menjadi sop, dan dimasak dengan bumbu kare. Tupai yang sudah disembelih dipisahkan antara daging, organ dalam, dan otaknya. Lalu daging tupai dipisahkan dengan kulitnya. Daging yang sudah terpisah dengan kulitnya dicuci hingga bersih dan dapat beri bumbu sesuai selera.

Lalu Anda dapat masak daging tupai sesuai selera. Tetapi dalam pengolahan daging tupai sebaiknya tidak menggunakan garam. Karena penggunaan garam akan membuat khasiat daging tupai berkurang. Selain daging, ternyata kulit tupai juga dapat di konsumsi. Biasanya masyarakat mengolah kulit tupai dengan cara digoreng dan diberi bumbu sesuai selera masing - masing.

Referensi : Hayatul Hayawan, II/35 - ensiklopedi nasional edisi fauna - manfaat.co.id