Skip to main content

follow us

Cara Mengolah, Manfaat dan Efek Samping Daging Belut Bagi Kesehatan


Cara Mengolah, Manfaat dan Efek Samping Daging Belut Bagi Kesehatan. Kita semua tahu seperti apa itu belut, ada yang tidak tahu atau mungkin hanya tahu bentuknya saja? Kita hanya tahu bahwa belut adalah ikan dari perairan air tawar, tubuhnya panjang seperti ular, tetapi tidak bersisik. Itu saja? Oke sebelum mengetahui lebih banyak tentang manfaat dan kandungan gizi serta efek samping daging belut untuk kesehatan, ada baiknya kita juga bisa tahu kehidupan belut ini seperti apa.

Belut hidup didalam lumpur atau genangan air dan mencari makan di malam hari. Pada siang hari belut bersembunyi didalam liang, pematang sawah atau dibawah bebatuan. Makanannya berupa serangga, cacing, dan udang. Uniknya ikan ini dapat berganti kelamin. Sewaktu belut masih muda alat kelaminnya betina, dan setelah melalui fase interseks berubah menjadi jantan.

Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan. Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernapas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat, sementara kebanyakan sidat hidup di laut meski ada pula yang di air tawar. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik; jenis-jenis yang tinggal di gua malahan buta.

Ukuran tubuh bervariasi. Monopterus indicus hanya berukuran 8,5 cm, sementara belut marmer Synbranchus marmoratus diketahui dapat mencapai 1,5m. Belut sawah sendiri, yang biasa dijumpai di sawah dan dijual untuk dimakan, dapat mencapai panjang sekitar 1m. Belut padi terdapat dari cina utara sampai Indonesia dan tumbuh sampai sepanjang 1 meter, Kulit belut berwarna kecokelatan dengan bintik cokelat tua dan terdapat garis hitam dari moncong sampai mata.

Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa. Daftar mangsanya biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikan, katak, serangga, serta krustasea kecil.

Anak belut biasanya dapat berenang meninggalkan sarangnya setelah berumur kurang lebih 2 minggu. Spesies semacam belut padi mampu bertahan hidup selama musim kering didalam lubang-lubang lumpur. Insangnya sering mengecil dan lubang keruang insang berada dibawah tenggorokan.

Kandungan gizi dan manfaat pada daging belut


Kandungan protein yang tinggi, mineral, vitamin juga lemak pada belut sama halnya seperti kandungan pada manfaat ikan, karena belut merupakan bagian dari jenis ikan. Berikut ini tabel kandungan gizi dalam belut yang tidak kalah baik dari jenis daging lainnya seperti: Kalori, Protein, Lemak, Karbohidrat, Fospor, Kalsium, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Air.

Belut juga berfungsi sebagai indikator penting yang dipergunakan untuk mendeteksi terjadinya pencemaran lingkungan atau penurunan kualitas air. belut lebih suka bertelur di air yang dangkal.

1. Fosfor


Jika kalian menginginkan tulang yang kokoh dan kuat, serta untuk menghindari atau meminimalisir dari terjadinya pengeroposan pada tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis, maka layak untuk manfaat daging belut ini. Hal tersebut sama seperti manfaat susu, manfaat yoghurt atau manfaat udang.

2. Zat Besi


Manfaat zat besi bagi tubuh manusia,berfungsi untuk mencegah anemia. Zat besi yang kurang akan mempengaruhi pembentukan hemoglobin pada sel darah sehingga kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh terganggu, sangat baik untuk mengkonsumsi belut ini.

3. Kalori


Kalori yang terkandung dalam belut juga sangat tinggi, kalori yang tinggi membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas didalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga harus berhati-hati jika menyandingkan masakan belut dengan manfaat nasi putih yang memiliki banyak karbohidrat.

4. Kaya Vitamin


Belut juga bagus untuk kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormone serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena pembekuan darah pada otak, yang merupakan manfaat vitamin B pada belut. Selain itu, manfaat vitamin A mencapai 1600 SI pada belut, yang berguna bagi pertumbuhan, kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.

5. Arginin


Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan yang paling ditakuti, termasuk penyakit payudara. Penyakit ini begitu ditakuti oleh kebanyakan wanita. Arginin yang terkandung didalam belut memiliki fungsi yang penting yaitu melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara. Dan bagi kita yang sangat sayang akan kesehatan jantung, maka sebaiknya mengkonsumsi belut, karena dengan mengkonsumsi belut dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, dan juga penyempitan pembuluh darah.

Selain dari 5 manfaat daging belut diatas. Ternyata menurut sebagian para ahli, daging belut juga bermanfaat untuk memerdukan suara. Wah ini bisa dicoba untuk anda yang suka / hobi menyanyi.

Efek Samping Daging Belut


Dibalik manfaat daging belut tersebut, belut juga memiliki efek samping. Bagi anda yang mengidap kolesterol, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi belut. Bukan tanpa alasan pelarangan terhadap penderita kolesterol, karena pada belut terdapat kandungan lemak yang tinggi.

Cara Pengolahan Daging Belut yang Sehat


Jika ingin mengkonsumsi belut namun takut akan asam lemak dan kolesterolnya yang tinggi, disarankan dapat mengkonsumsi belut dengan cara di panggang. Komposisi asam lemak dan kolesterol yang diolah dengan cara di panggang, memiliki resiko yang kecil dikarenakan proses pembakaran daging belut. Sehingga lemak yang terkandung pada belut akan mencair dan membuat berkurangnya kadar lemak tersebut.

Berbeda dengan pengolahan belut dengan cara di goreng, belut yang digoreng menggunakan minyak, justru membuat minyak yang ada pada belut bertambah. Karena kadar lemaknya yang tidak mencair secara sempurna di dalam belut.

Referensi : direktorat gizi Depkes, ensilkopedi nasional edisi fauna - manfaat.co.id
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar