Skip to main content

follow us

7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Daging Kerbau Bagi Tubuh dan Kesehatan


7 Manfaat Penting Mengkonsumsi Daging Kerbau Bagi Tubuh dan Kesehatan. Saya yakin anda sudah tahu tentang binatang yang satu ini, umumnya berada di pedesaan karena kerbau mempunyai kebiasaan berkubang dilumpur. Jika di kota kan tidak ada lumpur, yang ada hanya gedung-gedung tinggi plus banjir

Kerbau memiliki warna kulit hitam keabu-abuan, tanduknya panjang dan besar, rambutnya jarang, kakinya pendek dengan kuku yang besar. Binatang ini berkembang biak dengan melahirkan seekor anak, jarang dua ekor. Lama bunting 310 hari dan beranak dua tahun sekali. Dibandingkan sapi, kandungan protein kerbau lebih tinggi, yaitu 20.2% berbanding 19.2%. kulit kerbau sering digunakan sebagai bahan industri kulit, sedangkan tulang-belulangnya sebagai bahan lem dan makanan unggas. Kebutuhan pakan seekor kerbau rata-rata 35-40 kg rumput segar setiap hari.

Salah satu ciri yang membedakan kerbau liar dari kerbau peliharaan adalah bahwa kerbau peliharaan memiliki perut yang bulat. Dengan adanya percampuran keturunan antara kerbau-kerbau antara populasi yang berbeda, berat badan kerbau dapat bervariasi.

Susu dari kerbau banyak digunakan oleh manusia. Contohnya sebagai bahan keju Mozzarella. Daging kerbau juga merupakan hasil ekspor utama di India. Meskipun demikian daging kerbau kurang disukai di Asia karena kekerasannya. Kulit kerbau sering digunakan juga sebagai bahan sepatu, wayang kulit, dan helm pengendara motor.

Selain itu, daging kerbau juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya:

1. Kaya akan protein


Seperti yang di ketahui bahwa protein sangat bermanfaat bagi tubuh kita khususnya sebagai meninkatkan masa otot kita.Bagi anda yang sering melakukan olahraga fitnes anda juga bisa menambah menu makanan anda dengan daging satu ini.Kandungan protein tinggi juga anda bisa dapatkan pada putih telur dan daging sapi.

2. Energi


Daging sapi mengandung kandungan gizi yang sangat komplit salah satunya yaitu protein dan karbohidrat.Kedua kandungan tersebut sangat baik bagi tubuh kita untuk meningkatkan energi kita yang loyo atau lemas setelah beraktifitas seharian.

3. Vitamin B12


Vitamin B12 ini di percaya baik jika di konsumsi oleh para ibu hamil ,AAnda juga bisa mendapatkan vitamin B12 dari berbagai daging merah lainya seperti kambing dan sapi.

4. Asam Linoleat


Kandungan tersebut anda juga bisa mendapatkanya pada susu sapi dan daging sapi.Asam linoleat adalah senyawa yang dapat mencegah atau mengobati kangker, seperti kangker payu darah.

5.Sistem imun


kandungan yang terdapat pada daging kerbau seperti zinc di yakini dapat meningkatakan imunitas tubuh agar tidak mudah terjangkit firus dan bakteri.kandungan zinc juga sangat baik untuk mencegah terjadinya penuan dini yang di akibatkan radikal bebas.

6. Masa pertumbuhan


Sepeti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi daging merah sangat baik bagi masa ertumbuhan agar meningkatkan masa otot dan tulang kita.Nah jangan pernah sungkan lagi buat anda untuk memberikan daging satu ini buat anak tersayang .

7. Asam lemak omega 3


Ternyata tidak hanya pada jenis ikan saja daging kerbau di yakini memiliki kandungan sam lemak omega tiga. Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat bagi anak khusunya membatu meningkatkan kecerdasan atau volume otak agar anak lebih berprestasi dalam pelajaran.

Sekian dari artike Manfaat Daging kerbau yang luar Biasa Bagi Tubuh dan Kesehatan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Referensi : Nihayatul Muhtaj | getaransehat.com | ensiklopedi nasional
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar