Skip to main content

follow us

Manfaat dan Khasiat Kelinci Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat dan Khasiat Kelinci Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Kelinci merupakan satu jenis binatang menyusui yang bertelinga panjang seperti corong, dan berjalan dengan cara melompat. Kelinci aktif mencari makan pada malam hari, tapi ada pula yang mencari makan pada waktu fajar dan senja. Untuk menghindari musuh, kelinci mengandalkan indera penciuman, pendengaran,serta kemampuan berlari cepat dalam jarak pendek sambil mencari lubang atau liang untuk bersembunyi. Jika ada bahaya kelinci menghentak-hentakkan kaki belakangnya pada tanah dengan bersuara cukup keras sebagai peringatan pada kelinci yang lain.

Kelinci melahirkan 2-8 ekor, tapi ada pula yang melahirkan sampai 15 ekor. Beberapa saat sesudah melahirkan, induk kelinci dapat kawin lagi. Dengan demikian secara teoritis dalam setahun kelinci bisa melahirkan 10X. namun segala angka kegagalan kelangsungan hidup embrionya cukup tinggi, yaitu 60% pada kelinci peliharaan, maka kira-kira hanya 30 ekor pertahun yang dihasilkan seekor induk.

Di Indonesia banyak terdapat kelinci lokal, yakni jenis kelinci jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus netseherischlgel). Kelinci jawa diperkirakan masih ada di hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat. Warna bulunya cokelat perunggu kehitaman. Ekornya berwarna jingga dengan ujungnya yang hitam. Berat Kelinci jawa dewasa bisa mencapai 4 kg. Sedangkan Kelinci sumatera, merupakan satu-satunya ras kelinci yang asli Indonesia. Habitatnya adalah hutan di pegunungan Pulau Sumatera. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna bulunya kelabu cokelat kekuningan. Yang termasuk dalam kategori kelinci bebas adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).

Khasiat dan manfaat daging kelinci


  1. Dalam satu keterangan disebutkan bahwa daging kelinci memiliki 70 khasiat, diantaranya untuk kesehatan dan kecerdasan.
  2. Kakinya kalau dibuat kalung maka akan terhindar dari sihir, insya Allah…
  3. Otaknya bila dimakan oleh wanita yang akan melakukan hubungan intim, insya Allah akan segera hamil.
  4. Darahnya dapat menghilangkan penyakit panu dan bintik-bintik di wajah (dioleskan) dan juga berguna mempercepat pertumbuhan gigi balita.
  5. Dagingnya berkhasiat untuk mengobati penyakit beser dan menghangatkan badan.
  6. Daging kelinci mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh
  7. kandungan protein daging kelinci dapat membantu perkembangan anak
  8. Kandungan protein daging kelinci juga baik untuk kesehatan para lansia
  9. Dengan mengkonsumsi daging kelinci secara rutin dapat menyembuhkan penyakit asma
  10. Mengurangi risiko kolesterol dalam darah
  11. Meningkatkan jumlah natrium di dalam tubuh
  12. Menjaga kesuburan wanita dan vitalitas pria

Referensi : Shoheh Bukhori : V / 239 | ensiklopedi nasional | manfaat.co.id
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar