Skip to main content

follow us

Faktanya Daging dan Telur Puyuh Memiliki Manfaat dan Khasiat Bagi Kesehatan


Faktanya Daging dan Telur Puyuh Memiliki Manfaat dan Khasiat Bagi Kesehatan. Suatu jenis burung berukuran kecil, bertubuh montok, berekor pendek sehingga bentuk tubuhnya bulat. Burung ini punya tiga jari kaki. Burung betina lebih besar dari burung jantan. Warna bulunya bervariasi, tetapi warna bulu yang betina lebih terang dari yang jantan.

Keluarga burung puyuh termasuk jenis burung yang sering dimakan. Burung puyuh sering dimasak ala Prancis. Daging burung puyuh juga biasa ditemukan pada masakan Malta, Portugis, dan India. Burung puyuh umumnya dimakan bersama dengan tulangnya karena mudah dikunyah dan karena ukurannya yang kecil sangat menyulitkan untuk mengeliminasi tulang dari dagingnya.

Selain itu, daging puyuh juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Diantaranya:

  1. Dagingnya hangat dan berguna menyembuhkan penyakit persendihan
  2. Dagingnya sangat cocok untuk orang yang suhu badannya dingin dan telah lanjut usia
  3. Juga bermanfaat mengobati penyakit kencing batu dan melancarkan buang air kecil
  4. Makan daging puyuh secara teratur bisa mencerdaskan otak

Telur burung puyuh juga merupakan makanan yang lezat. Seringkali mereka dimakan mentah bersama sushi dan umum ditemukan pada menu makan siang Jepang. Di Kolombia, telur burung puyuh rebus digunakan untuk pelengkap hot dog dan hamburger. Di Filipina, telur burung puyuh yang direbus dan dicelup dengan saus lalu digoreng dengan banyak minyak adalah jajanan lokal yang populer.

Telur puyuh yang mungil memiliki berat 10 gram hingga 12 gram, dan menyediakan banyak unsur yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar menjadi sehat. Faktanya, Nilai gizi telur puyuh yang kecil ini ternyata tiga hingga empat kalinya jika dibandingkan dengan gizi telur ayam. Padahal, berat telur puyuh kira-kira setara dengan 5 kali lipat dari berat telur ayam (50 hingga 70 gram per butir).

Diantara manfaat dan khasiat telur burung puyuh adalah:

  1. Mencegah kanker
  2. Melawan timbulnya alergi
  3. Membantu kesehatan mata
  4. Mencegah penuaan dini
  5. Membantu perkembangan janin
  6. Menguatkan fungsi otak
  7. Menjadi sumber protein
  8. Meningkatkan kekebalan tubuh
  9. Mencegah gangguan saluran pencernaan

Itulah Faktanya Daging dan Telur Puyuh Memiliki Manfaat dan Khasiat Bagi Kesehatan yang bisa menjadi referensi untuk menjaga kesehatan anda.

Referensi: al-Iqna’ II/274 | ar-Raudhah II/542 | ensiklopedi nasional edisi fauna
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar