Faktanya Daging Kuda Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita

Faktanya Daging Kuda Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita

Faktanya Daging Kuda Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita


Faktanya Daging Kuda Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita. Terkait dengan manfaat dan khasiat daging kuda, ternyata masih belum banyak diketahui karena masih termasuk daging yang unik. Selain dimanfaatkan tenaganya, ternyata daging kuda dapat kita makan (halal) dan memiliki manfaat bagi tubuh kita. Seperti untuk menambah stamina tubuh, menyembuhkan penyakit rematik, menyembuhkan epilepsi, dan menjaga kolestrol tetap stabil. Namun sebelum kita membahas manfaat daging kuda, sebaiknya kita mengenal lebih dekat dengan kuda supaya lebih akrab gitu ya.

Binatang ini berjalan diatas kuku, seperti sapi, kambing, kerbau, dan lain-lain. Umumnya taring kuda tidak tumbuh baik, bahkan kuda betina tidak bertaring, indera pembau dan pendengarannya sangat tajam. Dialam indera ini digunakan untuk mengetahui musuh sejak dini. Dalam keadaan terpojok, kuda melawan dengan menyepak dan menggigit. Kuda berkembang biak denga melahirkan seekor anak setelah bunting selama 11-12 bulan.

baca: 8 manfaat daging kambing

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak sawah. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan meski peternakan kuda belum sebanyak binatang lainnya.

Manfaat daging kuda bagi kesehatan kita, yaitu:

Menambah stamina tubuh


Sudah sejak dahulu daging dipercaya dapat menambah stamina tubuh. Daging kuda ini lebih banyak dikonsumsi oleh para laki – laki. Kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam membuat daging kuda ampuh menambah energi tubuh kita.

Mengobati penyakit rematik


Menyembuhkan pegal linu. Daging kuda dapat menyembuhkan pegal linu karena dalam 100 gram daging kuda mengandung 3.82 mg zat besi. Zat besi ini lah dapat menghilangkan pegal linu pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin baik.

Menyembuhkan epilepsi


Sebagai menu diet. Kandungan lemak yang rendah pada daging kuda membuat daging yang satu ini cocok untuk para wanita dan laki – laki yang ingin memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal. Daging kuda sebagai menu diet sangatlah baik, karna daging ini dapat menggantikan daging ayam dan daging sapi yang sebenernya lebih berlemak dibandingkan daging kuda. Mengkonsumsi daging kuda tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.

Menjaga kolesterol tetap stabil


Kandungan kolesterol yang rendah pada daging kuda dipercaya cocok untuk menjaga kestabilan kolesterol pada tubuh kita. Dalam 100 gram daging kuda hanya mengandung 50-60 mg kolesterol. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.

Itulah beberapa manfaat daging kuda menurut para ahli dari berbagai sumber. Wallahu A'lam Semoga bermanfaat...

Referensi : Hasyiyatan Lil Qolyubi | ensiklopedi nasional | manfaat.co.id