Skip to main content

follow us

Penyebab Anda Cepat Lelah Letih dan Cara Efektif Mengatasinya


Penyebab Anda Cepat Lelah Letih dan Cara Efektif Mengatasinya. Jika sering merasa tubuh anda cepat letih, lesu, dan sebagainya maka anda perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut kemudian mencari solusinya.

Kurang tidur merupakan penyebab rasa letih yagn paling umum terjadi. Namun sering kali letih tetap melanda sekalipun waktu tidur malam sudah mencukupi. Selain kurang tidur malam hari, ada beberapa hal dibalik pemicu timbulnya rasa letih.

1. Gangguan Pernafasan


Walaupun memiliki cukup waktu untuk tidur, sebagian orang merasa letih setelah bangun di pagi hari. Gangguan pernafasan diwaktu tidur berupa pernafasan yang berhenti sebentar berkali-kali selama tidur malam. Setiap gangguan terjadi, anda akan terbangun walaupun tidak menyadarinya. Hasilnya, anda kurang tidur walaupun sudah tidur selama 8 jam.

Cara mengatasinya dengan menurunkan berat badan anda jika anda kelebihan berat badan, berhenti merokok, dan tidur dengan bantuan perangkat pernafasan untuk membantu menjaga nafas bagian atas terbuka pada malam hari.

2. Jumlah asupan makanan


Makan terlalu sedikit atau pola makan salah merupakan penyebab letih. Jika anda memulai hari dengan makanan manis, gula darah anda akan meningkat tajam, menjadikan gerakan anda lamban yang akhirnya memicu kelelahan.

Cara mengatasinya dengan selalu sarapan yang baik dengan memasukkan protein dan akrbohidrat kompleks, seperti telur dan roti gandum. Kombinasi ini menciptakan energy yang berkelanjutan selama seharian.

3. Anemia


Anemia adalah penyebab utama lelah pada wanita. Kondisi ini terjadi ketika tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ. Anemia mudah di diagnosis dengan tes darah.

Pengobatan untuk anemia tergantung pada penyebabnya. Umumnya, kekurangan zat besi diperbaiki dengan minum suplemen zat besi dan makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, hati, kerang, kacang-kacangan, dan sereal.

4. Depresi


Depresi bukan saja merupakan sebuah gangguan emosional, tetapi juga menyebabkan banyak gejala fisik. Lelah, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum. Jika merasa letih lebih dari 2 minggu, segera periksakan diri ke dokter. Cara mengatasi depresi dapat ditangani dengan bantuan psikoterapi dan atau pengobatan.

5. Kelebihan kafein


Sebagian besar kita menganggap kopi adalah menghilangkan kelelahan. Berlebihan mengkonsumsi minuman ini berakibat sebaliknya. Kafein dalam dosis moderat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, penelitian menunjukkan konsumsi kafein menyebabkan kelelahan.

6. Infeksi saluran kemih


Jika anda pernah infeksi saluran kemih (ISK), anda mungkinakrab dengan rasa sakit dan terbakar. Namun, ISK tidak selalu identik dengan gejala diatas. Dalam beberapa kasus, penderita ISK menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Tes urin akan memastikan adanya ISK. Cara mengatasinya dengan obat antibiotic, setelah ISK diobati rasa lelah akan hilang dalam waktu seminggu.

Oleh: H. Wagino Ali Masyhuri A.Md.Kep (tim medis klinik sidogiri)
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar