Skip to main content

follow us

Macam-Macam Serigala Berbulu Domba


Macam-Macam Serigala Berbulu Domba. Macam-Macam Serigala Berbulu Domba. Ada Serigala Arktik, serigala arab, serigala rusia, dan serigala jepang. Binatang liar yang berkerabat dengan anjing dan rubah, sepintas penampilannya mirip dengan anjing besar. Tubuhnya berukuran 1.5-2 meter, termasuk ekor yang panjangnya 50 cm. Kepalanya besar dengan telinga berdiri, lehernya berbulu panjang dan lebat. Dadanya dalam namun sempit, tungkainya panjang dan tampak kokoh dan ekor panjang berbulu lebat.

Serigala memiliki bulu lebat, panjang dan lembut dengan warna bervariasi dari putih, cokelat, kemerahan sampai hitam, namun kebanyakan kelabu. Srigala betina mempunyai tubuh lebih kecil dari pada tubuh serigala jantan. Serigala berkembang biak dengan melahirkan. Serigala betina mengandung anaknya selama 63 hari.

Serigala biasanya melahirkan di sarangnya, yaitu di ceruk-ceruk batu atau lubang-lubang di tanah. Setelah masa bunting sembilan minggu, serigala melahirkan 1-14 bayi yang masih buta, tuli, dan tidak berdaya. Berat bayi serigala sekitar 500 gram. Anak-anak serigala akan tinggal di sarangnya selama 8 minggu sebelum mereka disapih. Selama itu serigala-serigala lain akan membawakan makanan untuk sang induk yang baru melahirkan.

Binatang ini bersifat karnivora. Makanan utamanya adalah tikus, kelinci, burung besar dan binatang herbivora besar. Dengan mengandalkan indera penciuman, pembau, dan penglihatan, binatang ini mengetahui keberadaan mangsanya. Indera pendengaran serigala dua puluh kali lebih kuat dibandingkan manusia, sedangkan indera penciumannya lebih tajam seratus kali.

Rahang serigala sangat kuat. Kekuatan tekanannya lebih dari 250 kilogram per inci. Penglihatan serigala juga sangat tajam dan sensitif terhadap setiap gerakan. Serigala memiliki retina reflektif yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari. Namun, serigala buta warna. Stamina serigala sangat kuat. Serigala dapat menjelajah jarak lebih dari delapan belas mil dengan langkah cepat. Kecepatannya bisa mencapai 40 mil per jam.

Serigala kelabu salah satu jenis yang dapat hidup di berbagai macam tempat selama makanan mereka banyak tersedia dan iklimnya relatif dingin. Taiga Siberia, salah satu habitat paling cocok bagi serigala kelabu, merupakan hutan dengan musim dingin yang panjang dan musim panas yang singkat. Wilayah ini berada di Rusia bagian utara. Serigala kelabu paling banyak dijumpai di tempat ini. Sementara itu, berat serigala kelabu berkisar antara 20 hingga 88 kilogram. Serigala jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada serigala betina.

Serigala kelabu memiliki beberapa cara khusus untuk beradaptasi. Bulu tebal mereka bisa menahan panas dan menjaga kelembaban. Cakar serigala yang besar memiliki semacam bantalan dan kuku yang dapat ditarik. Cakar tersebut dapat dilebarkan sehingga gerakan serigala di atas salju lebih stabil.

Serigala merupakan binatang sosial. Mereka hidup berkelompok. Sekelompok serigala dipimpin seekor serigala jantan dan seekor serigala betina, yang merupakan pasangan yang beranak-pinak. Mereka berpasangan seumur hidup hingga salah satunya mati. Anggota kelompok adalah serigala keturunan pasangan tersebut dan serigala muda yang dilahirkan pada tahun sebelumnya. Selain itu, ada beberapa ekor serigala dewasa yang kedudukannya lebih rendah. Satu kelompok terdiri atas 4 hingga 30 ekor serigala. Namun, ada juga serigala yang hidup menyendiri.

Selain serigala kelabu, ada beberapa jenis serigala lainnya. Serigala merah masih bertahan hidup di Amerika Utara. Sebagian ilmuwan menganggap serigala merah sebagai spesies tersendiri, dengan nama ilmiah /Canis rufus/. Namun, ada juga yang menganggap serigala merah merupakan persilangan coyote dan serigala kelabu, dengan nama ilmiah /Canis lupus rufus/. Sementara itu, di Afrika terdapat jenis serigala yang lain, yakni serigala etiopia, saat ini terancam punah. Di alam liar jumlah mereka hanya sekitar 450 ekor.

  1. Serigala Arktik > banyak dijumpai di pulau-pulau Arktik Kanada dan pantai utara Greenland. Keberadaan hewan ini yang terisolasi ekstrim dan kondisi lingkungannya yang keras, membuatnya tidak banyak diketahui, termasuk ciri-ciri fisiknya. Namun, sebagian besar orang mengetahui bahwa bulu serigala arktik putih bersih dan lebih tebal (memaksimalkan kehangatan di dalam suhu yang sangat dingin).
  2. Serigala Arab > Serigala ini sempat ditemukan di seluruh kawasan Arab. Namun, sekarang habitatnya sudah menyebar ke beberapa negara. Ukuran serigala arab lebih kecil daripada serigala pada umumnya. Serigala ini hidup dan berburu secara bergerombol (dua sampai tiga ekor serigala). Hewan ini juga termasuk serigala yang tidak tahu cara melolong.
  3. Serigala Rusia > ditemukan di bagian utara-tengah Rusia. Russian Wolf merupakan salah satu dari lima jenis serigala yang ditemukan di dalam Federasi Rusia. Serigala Rusia dijuluki sebagai predator juara karena salah satu serigala abu-abu terbesar.
  4. Serigala Jepang > Di Jepang terdapat dua jenis serigala, yaitu serigala Hokkaido dan serigala Honsh. Serigala Hokkaido di negeri asalnya, Jepang, dikenal dengan sebutan serigala Ezo. Serigala Hokkaido endemik terhadap Pulau Hokkaido dan merupakan jenis Canis lupus yang sudah punah di Jepang. Serigala Hokkaido punah pada zaman restorasi Meiji karena habitat aslinya tergangggu dan juga pemusnahan yang dilakukan manusia. [Ensiklopedi Nasional Seri Mamalia]

Keistimewaan dan Khasiat [Hasyiyah Assyarqowi II/453, Al-Iqna' II/273]
Kepala srigala apabila diletakkan diatas bangunan bertingkat atau diatas kamar mandi maka tempat itu tidak akan didekati oleh kucing

Tafsir Mimpi [Subulus Salam IV/72]

  1. Serigala pertanda wanita yang jelek
  2. Bermimpi minum susu serigala pertanda akan dihianati oleh wanita
  3. Serigala jantan pertanda musuh yang hina dan tercela

Tambahan

  • Serigala juga merupakan pemburu yang setia, pemburu yang bisa menjadi sahabat si pemburu, pemburu dengan raungan yang menyayat. Hidup dan berburu dalam kelompok.
  • Serigala adalah hewan pemburu yang sangat baik, dapat ditemukan hampir diseluruh kawasan di dunia dibandingkan dengan mamalia lainnya, kecuali manusia
  • Serigala adalah nenek moyang segala keturunan anjing domestik yang ada di dunia,
  • serigala juga bagian dari kelompok hewan yang disebut "anjing liar" sama seperti dingo dan coyote.
  • Serigala yang paling berat sekitar 40 kilogram, tetapi serigala terberat yang pernah tercatat seberat lebih dari 80 kilogram!
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar