Cara Mujarab Atasi Lemah Letih Dengan Obat Alami Tradisional

Cara Mujarab Atasi Lemah Letih Dengan Obat Alami Tradisional

Cara Mujarab Atasi Lemah Letih Dengan Obat Alami Tradisional


Cara Mujarab Atasi Lemah Letih Dengan Obat Alami Tradisional. Sebelum pergi ke dokter dan mengkonsumsi suplemen yang tentunya terdapat bahan kimianya, alangkah baiknya bagi anda yang merasa sering letih atau lesu, untuk mencoba obat-obat tradisional seperti daun jeruk purut, mangga, teh herbal, gingseng, pisang, dan bawang putih. Selain enak dimakan, juga bermanfaat untuk mengatasi mudah lelah.

Lemah atau letih sering dikeluhkan banyak orang. Letih dapat berbahaya jika berlangsung lama. Selain itu dapat mengganggu konsentrasi saat beraktifitas, apalagi saat berkendara.

baca: Penyebab cepat lelah letih lesu

Secara umum, timbulnya rasa letih disebabkan oleh aktifitas tubuh yang terlalu banyak, stres, kurang tidur, jenuh terhadap sesuatu (pekerjaan misalnya), penyakit tertentu yang sedang mengganggu tubuh, atau bisa karena kurangnya asupan vitamin atau mineral ke dalam tubuh.

1.Daun jeruk purut


Ambil 2 genggam daun jeruk purut, lalu rebus dalam waadah berisi 3 liter air. Biarkan sampai mendidih kurang lebih 10 menit. Kemudian tuang air ramuan tersebut ke dalam ember, kemudian campur dengan air bersih hingga air ramuan menjadi hangat. Gunakan untuk mandi pada saat kondisi lelah sehabis bekerja berat atau sehabis sakit berat.

2.Mangga


Buah yang berair ini adalah sumber yang baik dari antioksidan, mineral, vitamin, dan serat makanan, juga menjamin kesehatan yang optimal. Zat besi dalam kandungan mangga memungkinkan seseorang untuk mengatasi anemia. Sari pati mangga memberikan energy instan pengganti gula.

3.Teh Herbal


Secangkir teh herbal mampu menenangkan pikiran dan menyediakan anda dengan nutrisi dan rasa ekstra. Teh herbal yang terbuah dari kemangi, madu, dan jus lemon dapat secara efektif meminimalkan gejala kelelahan. Cukup merebus 10 daun kemangi dalam secangkir air, biarkan mendidih selama beberapa menit, lalu saring dan tambahkan lemon dan madu.

4.Gingseng


Gingseng merupakan antioksidan kuat yang memberikan anda energy setiap anda merasa lelah, tanaman ini dikenal selama berabad-abad. Gingseng memiliki sifat menenangkan dan meredakan saraf.

Potong irisan tipis akar gingseng kemudian rebus 8-10 irisan ke dalam 3 gelas air, selama 15 menit dengan api sedang. Saring larutan lalu tambahkan sedikit madu dan biarkan hingga dingin. Minum 1-3 cangkit teh setiap hari.

5.Pisang


Pisang mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang memberikan efek cepat meningkatkan energy. Pisang memiliki jumlah tinggi kalium yang mengubah gula menjadi energy. Setiap kali anda merasa lemah maka makanlah satu atau dua buah pisang.

6.Bawang Putih


Bawang puti memiliki sifat zat dan anti-inflamasi yang memperbaiki sistem kekebalan tubuh lemah. Jika anda merasa letih anda bisa mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

Oleh: H. Wagino Ali Masyhuri A.Md.Kep (tim medis klinik sidogiri)