Penyebab Uban Dini Pada Rambut

Penyebab Uban Dini Pada Rambut

Penyebab Uban Dini Pada Rambut


Penyebab Uban Dini Pada Rambut. Untuk itu kita harus tahu penyebab uban dini. Rambut kita terdapat dua bagian: Bagian yang tampak atau biasa disebut dengan batang rambut, dan bagian yang berada dibawah batang rambut yang berbentuk umbi (akar rambut), akar rambut termasuk bagian yang akan terus aktif dan hidup.

Akar rambut terdiri dari sel-sel yang terus tumbuh yang mengandung zat pewarna, sel inilah yang menjadikan rambut memiliki warna. Ketika manusia sudah mengalami penuaan maka akan mengalami dua perubahan:

  1. Terjadinya penurunan kadar melanin (zat warna rambut) yang dihasilkan oleh sel-sel rambut, sehingga mengakibatkan rambut kita berubah menjadi putih atau uban
  2. Di dalam sel kulit rambut terdapat butiran-butiran udara yang akan bertambah jumlahnya seiring bertambahnya usia kita, maka oksigen yang terdapat dalam butiran udara akan bersenyawa dengan oksiid melanin yang terdapat di kulit kepala sehingga menimbulkan zat yang tidak memiliki warna, dan inilah penyebab putihnya rambut kita.

Dari sini kita ketauhi bahwa uban adalah hasil dari perubahan yang terjadi pada pewarnaan rambut, dan hal itu tidak terjadi secara spontan. Akan tetapi melalui proses yang lama, dengan hilangnya zat pewarna rambut secaraa periodic sehingga menjadikan rambut kita berwarna putih yang sudah umum kita dapati.

Dapat kita ketahi bahwa rambut beruban normalnya mulai terjadi ketika kita berumur 45-55 tahun. Tapi terkadang seseorang mengalami pengubanan dini yaitu sebelum umur 45 tahun dan ini mungkin disebankan oleh factor genetika. Maka factor genetika mempunyai peranan penting bagi seseorang yang mengalami pengubanan dini dikarenakan mewarisi gen yang dimiliki keluarga tersebut.

Nah, dari penjelasan diatas muncul pertanyaan bagaimana upaya mengatasi proses pengunaban dini seiring terlontar dengan spontan, dan saya yakin masalah pasti ada solusinya. Demikian pula untuk masalah yang kita hadapi ini.

Ada beberapa factor penyebab yang dapat mempercepat proses pengubanan pada rambut kita, yang utama adala tekanan batin, terlalu lelah dalam bekerja, resah, stress badan dan pikiran. Juga kebiasaan para wanita terus menerus ke salon kecantikan untuk membuat rambut keras, bertahan lama, serta membuat rambut menjadi kering, penggunaa sisir listrik setiap hari agar rambut mudah diatur dan dibentuk sesuai dengan model yang diinginkan, ditambah kebiasaan kita mewarnai rambut dengan zat-zat kimia tertentu secera terus-menerus.

Ada juga beberapa penyakit tertentu yang mempunyai keterkaitan tidak langsung terhadap terjadinya proses pengubanan dini. Diantaranya adalah penyakit kelenjar, penyakit gula, penyakit limpa. Semua itu mempengaruhi zat yang memberi warna pada rambut.

Oleh karena itu agar kita terhindar dari pengubanan dini sebaiknya menghindari hal-hal tersebut diatas.

Referensi :
Mausuah At-Tib an-Nisai | Dar Ar-Rasyid
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z (edisi indonesia) | Pustaka Al-Kautsar