Penyebab Terjadinya Rambut Rontok

Penyebab Terjadinya Rambut Rontok

Penyebab Terjadinya Rambut Rontok


Penyebab Terjadinya Rambut Rontok. Rambut kita melewati fase-fase perkembangan tertentu, secara singkat kita dapat membaginya menjadi dua fase : fase pertumbuhan dan fase stagnasi (discountinue). Fase discountinue akan berlangsung selama dua sampai tiga bulan, baru kemudian rambut tersebut akan rontok sama sekali, tapi masih ada sisa-sisa akar rambut yang mendapat sari makanan sehingga menjadikan rambut dapat tumbuh kembali sebagai rambut yang telah rontok. Biasanya 90% rambut kita termasuk dalam tipe pertumbuhan dan ini sifatnya umum dan alami, sedangkan 10% termasuk tipe stagnan. Itu pertanda rambut kita mengalami kerontokan sebanyak 50 – 100 helai rambut perhari.

Yang perlu anda cermati adalah apabila anda mengalami kerontokan rambut yang sangat banyak dan telah melampaui dari batas kewajaran. Hal tersebut dapat saja terjadi, bila sebagian besar rambut yang kita miliki mengalami masa stagnasi secara tiba-tiba dan mulai terjadi kerontokan, maka harus berhati-hati jika anda mengalami hal tersebut.

Jumlah rambut yang tumbuh dikepala kita sekitar seratus ribu helai, dan ini akan terus mengalami pembaharuan dalam waktu 5 tahun sekali, rambut memiliki kadar usia tertentu, rata-rata usia rambut 5 tahun dan rambut yang kita miliki tidak akan mengalami kerontokan secara total dalam fase tertentu.

Jika kita mengalami kerontokan rambut yang sangat banyak dan terjadi dalam waktu 1 hari saja, sangat mungkin hal itu di sebabkan oleh hal-hal dibawah ini :

Kondisi kejiwaan
Dalam ilmu pengetahuan yang berkembang kita dapati adanya keterkaitan yang sangat erat antara rambut dan kondisi seseorang, sehingga jika ada tekanan kejiwaan akan dapat menyebabkan kebotakan. Kondisi kejiwaan dan gangguan saraf terkadang menjadi penyebab seseorang mencabut rambut pada bagian tertentu, biasanya pada bagian depan sisi kepala atau bagian alis atau kumis pada kamu pria.

Ada juga pengaruh negatif yang lain dari kondisi kejiawaan seseorang akibat pengaruh yan tidak langsung seperti ketika berada dalam kesedihan yang sangat dan tidak memperhatikan kesehatan dan gizi yang seimbang sehingga berpengaruh pada rambut yang juga termasuk salah satu bagian dari tubuh.

Pengaruh obat
Beberapa hormone dan obat-obatan senderung mengakibatkan kerontokan pada rambut, demikian pula kalau kita mengkonsumsi vitamin dalam jumlah besar, itu pun dapa menyebabkan kerontokan, hal yang sama dapat terjadi jika mengkonsumsi obat yang dapa menurunkan kolesterol serta obat untuk penderita depresi.

Kehamilan
Dapat dipastikan bahwa rambut sangat dipengaruhi oleh hormone-hormon tertentu, dan ketika seseorang hamil maka akan terjadi perubahan hormone, dimulai dari bulan pertama dan terus berlanjut sampai bulan berikutnya, biasanya kerontokan rambut akan tampak pada bulan pertama kehamilan. Sedangkan pada bulan terakhir, rambut akan menjadia lebih lebat dan lembut dibanding rambut yang tumbuh pada bagian tertentu yang cenderung berkurang.

Semua itu disebabkan meningkatnya hormon esterogen pada masa akhir kehamilan. Hormon inilah yang memacu pertumbuhan rambut kepala dan menghambat pertumbuhan rambut yang tumbuh di bagian tubuh lainnya. Dan setelah melahirkan, produksi hormon ini akan menurun, yang akan mengakibatkan adanya ketidakseimbangan pada akar rambut sehingga terjadi kerontokan rambut dalam jumlah besar. Dan pengaruh tersebut akan terlihat jelas setelah tiga bulan pasca melahirkan.

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z (edisi indonesia) | Pustaka Al-Kautsar