Skip to main content

follow us

Manfaat Unta Untuk Kebugaran Tubuh


Manfaat Unta Untuk Kebugaran Tubuh. Manfaat Unta Untuk Kebugaran Tubuh. Suatu jenis binatang mamalia berukuran besar. Panjang tubuhnya antara 2.25 – 3.45 M, tinggi badannya termasuk punuk dapat mencapai 1.9 – 2.3 M. binatang ini memiliki sepasang kelenjar kulir yang terletak pada tengkuk kepala. Kelenjar ii mengeluarkan subtansi krim berwarna hitam, jumlah giginya 32-38 buah, namun umumnya 34 buah. Ada dua jenis unta: unta berpunuk satu dan dua. Seperti yang diketahui, unta hidup di padang pasir yang memiliki range temperatur udara yang mampu membunuh mayoritas makhluk hidup. Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan dan minum selama beberapa hari.

Ada banyak hal yang membuat unta mampu beradaptasi. Salah satunya adalah punuknya. Banyak orang mengira punuknya menyimpan air, tapi sebenarnya tidak. Punuk unta menyimpan lemak khusus, yang pada suatu saat bisa diubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak yang ada pada punuk unta bisa diubah menjadi satu gram air.

Kemampuan adaptasi lainnya yang luar biasa adalah, sistem respirasinya meninggalkan sedikit sekali jejak uap air. uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuhnya melalui sel khusus yang terdapat di hidung bagian dalam, membentuk kristal dan suatu saat dapat diambil.

Tubuh unta dapat bertahan hingga pada suhu 41 derajat celcius. Lebih dari itu, unta mulai berkeringat. Penguapan dari keringat yang terjadi hanya pada kulitnya, bukan pada rambutnya. Dengan cara pendinginan yang efisien itu, unta mampu menghemat air cukup banyak.

Unta mampu bertahan dengan kehilangan massa sekitar 20%-25% selama berkeringat. Mayoritas makhluk hidup hanya mampu bertahan hingga kehilangan massa sekitar 3%-4% sebelum terjadi gagal jantung akibat mengentalnya darah. Meski unta kehilangan banyak cairan tubuh, darahnya tetap terhidrasi, hingga batas 25% tercapai.

Ada banyak hal mengapa darah unta tidak mengental pada kondisi di mana darah mayoritas makhluk hidup sudah mengental. Sel darah merah unta berbentuk oval, bukan bulat seperti makhluk hidup lainnya. Unta juga memiliki sistem imunitas yang cukup unik. Semua mamalia memiliki antibodi berbentuk Y dengan dua rantai panjang sepanjang Y itu dengan dua rantai pendek di setiap ujung dari Y tersebut, tapi unta hanya memiliki dua rantai panjang yang menjadikannya berbentuk lebih kecil sehingga mengurangi kemungkinan darah akan mengental.

Keitimewaan dan Khasiat

  • Daging unta berguna mengembalikan kebugaran tubuh setelah bersenggama
  • Bulu nya bisa digunakan menghentikan pendarahan akibat luka dengan cara dibakar lalu dioleskan pada luka.

Referensi :
ensiklopedi nasional edisi fauna - Nihayatul Muhtaj, VIII/152 – Khasyiyatani, IV/257.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar