Manfaat Macan Tutul Untuk Kesehatan

Manfaat Macan Tutul Untuk Kesehatan

Manfaat Macan Tutul Untuk Kesehatan


Manfaat Macan Tutul Untuk Kesehatan. Macan tutul mempunyai bentuk tubuh yang bulat panjang dan tampak bagus dibanding dengan jaguar. Warna bulunya bervariasi dengan pola titik atau anyamann dan hitam seluruhnya. Tubuh macan tutul dewasa panjangnya 100-190 cm dan panjang ekor 70-95 cm, sedangkan berat tubuh 30-70 kg. macan tutul betina mengalami masa bunting selama 90-105 hari dan bisa melahirkan sebanyak 1-6 ekor, tetapi biasanya 3 ekor. Macan tutul termasuk binatang yan hidup secara soliter / sendiri-sendiri seperti kucing.

Habitatnya meliputi sawah denga pepohonan yang tinggi. Macan tutul mempunyai kemampuan berburu mangsa luar biasa. Diantara binatang yang menjadi mangsa eves besar dan mamalia kecil, tapi dalam keadaan terpaksa semua binatang akan dimangsa. Macan tutul mempunyai kebiasaan tidak mau berburu bersaing denga harimau, singa, dan lainnya. Dalam berburu, macan tutul berburu mangsa sendirian, dan dilakukan terutama pada malam hari dengan cara memanjat pohon, agar mudah mengetahui mangsa yang berada dibawah. Macan tutul juga mahir meloncat dan berpindah-pindah dari satu dahan kedahan pohun lainnya.

Macan Tutul adalah hewan penyendiri, yang saling menghindari satu sama lain. Spesies ini lebih aktif di malam hari. Karena tingkat kematian anak yang tinggi, betina biasanya mempunyai satu sampai dua anak, yang tinggal bersama induknya sampai macan muda berumur sekitar antara satu setengah sampai dua tahun.

Macan Tutul merupakan pemburu oportunitis, yang menggunakan segala kesempatan untuk mendapatkan mangsanya. Mereka memakan hampir segala mangsa dari berbagai ukuran. Mangsa utamanya terdiri dari aneka hewan mamalia, binatang pengerat, ikan, burung, monyet dan binatang-binatang lain yang terdapat disekitar habitatnya. Pada umumnya, Macan Tutul menghindari manusia. Namun macan yang kurang sehat, kelaparan atau terluka sehingga tidak dapat berburu mangsa yang biasa, dapat memangsa manusia.

Keistimewaan dan Khasiat

  • Kepala macan tutul bila dipendam dalam satu tempat maka tempat itu akan menjadi sarang tikus
  • Empedu macan tutul yang dibuat celak berkhasiat menambah katajaman penglihatan dan bisa menahan keluarnya air mata
  • Otaknya bisa menjadi racun yang sangat berbahaya
  • Bulu macan tutul bila dibakar dalam rumah maka rumah tersebut akan dijauhi kalajengking
  • Lemaknya bisa menyembuhkan luka lama, caranya lemak tersebut dihaluskan dan dioleskan pada lukan tersebut
  • Orang yang makan dagingnya tidak akan mempan racun ular berbisa

Referensi :
Al-Muhadzab, I/248 – subulus salam, IV/72 - ensiklopedi nasional edisi fauna.