Cara Merawat Kedua Kaki Anda Dengan Baik

Cara Merawat Kedua Kaki Anda Dengan Baik

Cara Merawat Kedua Kaki Anda Dengan Baik


Cara Merawat Kedua Kaki Anda Dengan Baik. Kedua kaki anda merupakan salah satu bagian penting dari tubuh anda, karena keduanya berfungsi membawa beban tubuh sekaligus menghadapi sulitnya perjalanan mobilitas anda sehari-hari, keduanya pula member kontribusi dalam menjaga keseimbangan tubuh. Dari sinilah, kita harus memberikan perhatian yang cukup dan benar  kepala bagian yang penting dalam tubuh kita ini.

Biasanya pemeliharaan kesehatan seseorang dimulai dari jari-jari kaki, orang-orang cina sejak sebelum tiga ribu tahun lalu, telah memperkenalkan bahwa kaki adalah cermin dari tubuh, bagi mereka setiap anggota tubuh mempunyai satu titik tertentu di kaki (titik refleksi), hal ini sangat dikenal betul oleh para pakar pengobatan dengan jarum cina (accupunture).

Kita di sini mencari bentuk tertentu sebagai suatu cara pemeliharaan kedua kaki dan memberikan relaksasi pada keduanya. Maka sudah seharusnya kita memberikan perhatian yang cukup dan teratur bagi kaki, dan hendaknya perhatian itu dilakukan setiap hari, untuk menghilangkan efek-efek kecapian dan penyakit serta kelelahan yang dihadapi kedua kaki setiap hari secara terus menerus.

Hendaknya setiap sore merendam kaki dalam air hangat selama lima menit. Mungkan dapat ditambahkan dengan sebagian amlah thibbiyah (slat medishant) yang dapat membantu relaksasi. Perlu diperhatikan, bahwa air yang terlalu panas yang dicampur dengan sabun pewangi, dapat membahayakan kedua kaki dan membuatnya kering.

Mandi dengan air hangat akan membantu melunakkan kelebihan kulit mati dan memudahkan untuk menghilangkannya, daerah-daerah kaki yang kering dapat dihaluskan dengan menggunakan pelembab jyang mengandug vitamin A, yang membantu regenerasi sel-sel dan menyegarkan kulit.

Kuku-Kuku Kedua Kaki
Pada umumnya, kuku-kuku kaki menjadi rusak, diakibatkan pemakaian sepatu yang sempit. Harap diperhatikan, ketika anda memotong kuku kaki agar tidak sampai memotong ujung-ujung kuku, supaya kuku tidak tertancap did aging jari-jari ketika tumbuh dan menyebabkan rasa sakit yang mungkin bernanah dan timbul bisul-bisul kecil.

Diketahui bahwa kulit kaki merupakan lading yang subur dan lingkungan yang sangat baik bagi berkembang dan menyebar berbagai macam jamur, yang pada umumnya terfokus di daerah antara jari-jari dan di sekitar kuku, dia adalah penyebab bagi berabagai macam penyakit yang mengganggu dan menyakitkan. Sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Hendaklah mengeringkan kedua kaki degan benar setelah mandi dan juga mengeringkan daerah sela-sela jari kaki.
  2. Dapat juga menggunakan bedak dari dokter (bedak kaki) sebelum memakai sepatu. Itu dilakukan jika kondisi keringat yang keluar dari kaki begitu berlebihan.
  3. Memperhatikan pada setiap kondisi untuk mengenakan sepatu yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan bukan terbuat dari nylon atau plastic. Begitu juga kaos kaki, bukan terbuat dari nylon, karena jenis seperti ini menambah jumlah keringat dan mencegah penyerapannya.
  4. Apabila anda menderita karena terkena jamur kulit di antara jari-jari atau di kedua kaki disertai dengan rasa gatal dan bau yang tidak sedap, maka cucilah kedua kaki anda epat kali dalam seminggu dengan air hangat yang ditambahkan dengan cuka (setengah gelas cuka ditambahkan lima liter air hangat) hal itu sangat bermanfaat untuk menghilangkan jamur dan kuman-kuman yang menyebabkan gatal dan bau yang tidak sedap. Jika anda menderita kelebihan produksi keringat di kedua kaki dan mengganggu kuku, sehingga kuku-kuku tertanam di kulit jari yang lembut, hal ini mudah diatasi disbanding, jika seandainya kulit jari itu kering dan mengeras. Maka pengobatan yang efektif adalah dengan merendam kedua kaki dalam air teh dikurangi secara bertahap. Asam tannic yang terdapat dalah teh bermanfaat kulit jari-jari kaki.

Referensi :
Mamnu Lighairi Mutazawijaat | Dar Al-Ghad Al-Jadid
Syarhu Asal Bila Khajad | Dar Al-Ghad Al-Jadid