Skip to main content

follow us

6 Cara Tepat Merawat Rambut Secara Alami


6 Cara Tepat Merawat Rambut Secara Alami. Kebanyakan seseorang menganggap bahwa menyisir denga menggunakan minyak rambut dan lainnya adalah cara untuk menjaga dan memelihara rambut. Anggapan ini merupakan suatu kekeliruan karena tidak cukup hanya dengan merawat dan memelihara saja, tapi juga harus memperhatikan kesehatak akar dan lapisan bawah rambut dengan cara sebagai berikut :

Pertama, selalu menjaga gizi yang baik yang mengandung kadar vitamin yang cukup, baik kalsium, protein, zat besi, menghindari dari begadang malam dan kondisi yang sangat lelah.

Kedua, selalu menjaga kesehatan badan dan jiwa karena rambut merupakan salah satu bagian tubuh kita yang dapat terpengaruh dengan kondisi kesehatan dan keadaan batin kita.

Ketiga, selalu merawat rambut dengan baik dengan cara mencuci 1-2 kali dalam seminggu. Tidak benar anggapan yang menyatakan jika mencuci rambut dapa menyebabkan kerontokan, untuk pemeliharaan perlu adanya pemijatan pada rambut setelah dicuci dan dikeringkan dengan menggunakan minyak zaitun secara merata pada semua bagian kepala. Peru kita ketahui bahwa memijat rambut kepala selama  menit dapat memperlancar aliran darah di kepala, tapi harus dilakukan secara perlahan supaya tidak terjadi kerusakan pada rambut. Disaarankan ketika menyisir rambut menggunakan sisir yang bulan dan lembut.

Keempat, hal tersebut diatas dapat juga diterapkan setelah mengecat, mewarnai atau menggunakan bahan kimia pada rambut agar mudah diatur

Kelima, Jangan sekali-kali memakai sembarang shampo, gunakanlah shampo yang sesuai dengan tipe rambut anda. Umumnya shampo yang baik adalah yang bila kita gunakan tidak membuat rambut menjadi kering, mudah patah dan membuat alergi dan iritasi pada kulit.

Apabila anda punya masalah denga kulit kepala berminyak, maka untuk lebih baiknya anda menggunakan shampo yang mengandung zat sulfur. Dan untuk rambut kering sebaiknya menggunakan shampo yang mengandung lanolin, disarankan juga untuk tidak menggunakan shampo yang mengandung zat kimia berat kecuali pada saat anda mengalami pengelupasan pada kulit dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ahli untuk menentukan tipe yang tepat untuk rambut anda

Keenam, sebaiknya menggunakan sikat yang lembut untuk mengatur rambut anda, dan jika anda menggunakan sisir pastikan sisir yang anda gunakan bukan dari bahan yang sangat keras dan ujung sisirnya tidak terlalu rapat.

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar An-Nisa' Min Al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z (edisi indonesia) | Pustaka Al-Kautsar
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar