Skip to main content

follow us

Reptil dan Amfibi Pelari Cepat dan Lambat


Reptil dan Amfibi Pelari Cepat dan Lambat. Cara bergerak hewan reptil dan amfibi beragam. Secara garis besar cara mereka bergerak dibagi menjadi dua bagian yaitu yang cepat dan lambat. Hewan yang bergerak lambat belum tentu mudah dimangsa olen para pemangsa, sebagai contohnya kura-kura, hewan yang satu ini bergerak lambat, tapi hewan pemangsa tidak bsa menggigit cangkang yang kerasnya seperti baja.

Kura-kura bergerak dengan santai selama hidupnya, hewan yang satu ini tidak pernah tergesa-gesa dalam berjalan. Cara bergerak hewan ini salah satu dari hewan yang merupakan hewan yang bergerak paling lambat di bumi. Kura-kura raksasa dapat bergerak dengan kecepatan 300 meter dalam waktu 1 jam, ini merupakan kecepatan tertinggi kura-kura di bumi. Kura-kura raksasa ini penghuni kepulauan Galapagos di samudera pasifik.

Salah satu hewan yang geraknya paling lambat di dunia adalah tuatara. Hewan ini menyerupai kadal, meskipun berumur 60 tahun, hewan ini masih bisa tumbuh. Hewan ini hanya bernafas satu kali dalam sejam ketika istirahat dan diperkirakan bisa hidup sampai 120 tahun.

Tuatara termasuk spesies hewan purba yang masih hidup, karena itulah terkadang hewan ini disebut 'fosil hidup' . Belum diketahui kenapa hewan ini bisa bertahan hidup. Hewan ini dapat ditemukan di pulau-pulau kecil dekat pesisir Selandia Baru.

Bunglon juga termasuk reptil yang berjalan dengan lambat, bunglon bergerak lambat di atas pohon. Ketika menagkap mangsa hewan ini sulit untuk diamati. Gerakannya yang lambat tidak berarti hewan ini sulit untuk menangkap mangsa. Bunglon hanya tinggal menjulurkan lidahnya yang panjang untuk menangkap serangga yang ada didepannya, kecepatan gerakannya di tutupi dengan cepatnya menjulurkan lidahnya.

Beberapa kadal dapat berlari cepat, kadal berlari menggunakan dua kaki belakangnya. Contohnya kadal naga air yang terdapat di Asia. Hewan ini dapat dengan mudah berdiri dengan bertumpu pada kedua kaki belakang. Cara gerakannya ini lebih cepat dari pada bergerak dengan empat kakinya. Kadal naga air melakukan gerakan sepeti ini untuk meloloskan diri dari hewan pemangsa.

Reptil tercepat di darat adalah kadal balap yang tubuhnya bergaris-garis melintang dari ujung kepala sampai ujung ekornya. Jumlah garis tubuhnya ada enam sehingga dinamakan juga kadal bergaris enam. Kadal ini dapat ditemukan di Amerika utara dan selatan. Dari hasil penelitian hewan ini tercatat dapat berlari dengan kecepatan yang sangat luar biasa, yaitu 8 meter per detik seperti kadal balap.

Referensi : Delik Iskandar | Jelajah Ilmu Pengetahuan seri reptil dan amphibi jilid 1 | Aneka Ilmu, Bandung
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar