Rahasia Dibalik Suara Ayam Jago

Rahasia Dibalik Suara Ayam Jago

Rahasia Dibalik Suara Ayam Jago


Bila subuh tiba, ayam jago berkokok, itu satu pertanda peringatan dari Allah supaya beribadah. Dalam kitab Bujairimi alal Khatib, disebutkan bahwa ketika Nabi Adam diturunkan ke bumi dan mulai mengisi kehidupan di alam barunya, beliau kebingungan untuk melakukan shalat yang telah diperintahkan kepadanya. Hal itu dikarenakan beliau tidak tahu kapan kapan pelaksanaan waktu shalat tersebut.

Tak lama kemudian beliau diberi ayam jago dan ayam betina dari surga, ayam itu selalu mengepakkan sayapnya saat tiba waktu shalat dan berkata “maha suci Allah yang dipuji semua makhluk, wahai adam! Kerjakanlah shalat. Semoga kau dirahmati Allah.” Mendengar seruan tersebut, Nabi Adam langsung bangkit dal berwudlu untuk menunaikan shalat sesuai dengan ajarannya.

Simak : Khasiat dan Habitat Ayam

Imam Wahab berkata: Allah mempunyai seekor ayam jago, bila ia bertasbih maka malaikat berseru “dimana para pendengar itu, orang yang ruku, orang sujud, pemohon ampunan, dan pengesa Allah?” seruan itu didengar pertama kali oleh malaikat yang berbentuk ayam berbulu putih.

Malaikat tersebut berada dipintu rahmat, kedua kakinya menggapai dasar bumi, serta kedua sayapnya memenuhi jagat raya. Malaikat yang mendengar seruan itu spontan mengepakkan sayapnya dan bertasbih mensucikan Allah. Pada saat itu ayam dibumi juga ikut bertasbih seperti yang disuarakan malaikat itu. Setan pun lari meninggalkan segala tipu muslihatnya untuk menyesatkan umat manusia dari jalan kebenaran.

Dari cerita diatas, ternyata ayam jago tidak hanya sekedar hewan yang dipelihara dan dikonsumsi dagingnya serta didengar merdu suaranya ditengah malam. Tapi dibalik itu semua ayam jago mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki hewan lain.

Orang yang sedang dirundung kesusahan atau sedang sakit, apabila membaca tasbih yang di kumandangkan ayam jago, yaitu سبحان السبوح القدوس الرحمن الملك الديان الذي لااله الا هو , maka segala yang ia cita-citakan akan terkabulkan, begitulah pernyataan Imam Jalaluddin as-Suyuthi. Disamping itu, juga setan tidak akan masuk kerumah yang didalamnya terdapat ayam jago berbulu putih. Bahkan ayam jago termasuk hewan unggas yang disenangi Allah SWT.

Maka dari itu, perbanyaklah mengingat Allah, Tuhan Pencipta. Sebagai rasa syukur kita kepadaNya, karena hanya dengan mendekatkan diri kepada Allah segala macam kesusahan dan kemelaratan akan musnah dan sirna. Amin…