Perbedaan Aligator Dengan Buaya

Perbedaan Aligator Dengan Buaya

Perbedaan Aligator Dengan Buaya


Aligator dan buaya berbeda dalam bentuk moncongnya. Moncong aligator lebih pendek dan lebih lebar, gigi dan rahangnya saling menutupi, aligator memakan ikan kecil, burung dan hewan kecil lainnya. Aligator lebih sering tinggal di air daripada di darat tetapi hewan ini membuat sarang dan menyimpan telurnya ditanah.

Hewan ini terancam punah kare banyak diburu orang untuk diambil kulitnya. Hewan ini dapat hidup sampai ratusan tahun lamanya. Ciri lain adalah mempunyai mata dan lubang hidung yang letaknya diatas kepala. Dengan kondisi yang demikian, seekor aligator dapat melihat dan bernafas ketika hewan ini berenang, juga merupakan pemburu yang sangat kuat.

Moncong buaya beragam ada yang besar dan lebar, moncong buaya yang lebar berguna untuk menelan mangsa yang berukuran besar juga. Moncong buaya yang kecil berfungsi untuk menangkap hewan mamalia yang berukuran kecil. Contoh buaya yang moncongnya kecil terdapat pada buaya buaya sepit. Buaya ini juga mempunyai rahang yang sempit untuk menangkap ikan.

Referensi : Delik Iskandar | Jelajah Ilmu Pengetahuan seri reptil dan amphibi jilid 1 | Aneka Ilmu, Bandung