Skip to main content

follow us

Khasiat dan Keistimewaan Burung Gagak


Khasiat dan Keistimewaan Burung Gagak. Burung gagak berbulu hitam mulus dan pemakan bangkai, suaranya keras dikenal sebagai lambing kematian. Hampir semua jenis burung ini berukuran relatif besar dan berwarna bulu dominan hitam. Daerah sebarannya ada di seluruh benua dan kepulauan, dengan perkecualian di Amerika Selatan.

Di antara jenis-jenis unggas, gagak diketahui mempunyai tingkat kecerdasan tertinggi di antara para burung. Kualitas ini sudah sejak lama diketahui manusia, khususnya dalam keterampilannya mencuri berbagai alat bantu manusia. Hewan ini mempunyai kemampuan belajar dan dapat memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya.

Di beberapa kebudayaan dan mitologi, burung gagak kerap dikaitkan dengan sesuatu yang buruk. Di Eropa, gagak dipercaya sebagai burung peliharaan penyihir. Di Indonesia, gagak di hutan dianggap dapat menjadi pertanda kesulitan yang bakal timbul. Ada pula kepercayaan yang mengaitkan sate gagak untuk memanggil genderuwa.

Di Indonesia terdapat dua jenis, gagak kecil (juga disebut engkak) dan gagak besar (disebut gaok), bentuk badan dan sifat keduanya sama, bulu berwarna hitam. Gaok lebih dari engkak, paruhnya lebih beasar dan lebih melengkung, hidup dari serangga dan bangkai, suka menyerang burung-burung kecil seperti burung pipit dan kelelawar. Engkak biasanya terdapat di daerah pedalaman dari sumatera – Maluku. Suka makan telur dan anak burung lain. Gaok kebanyakan terdapat di pantai laut, terutama di daerah pelabuhan, dan suka makan ikan dan binatang yang hidup dipantai.

Khasiat dan Keistimewaan Burung Gagak


  1. Empedunya berguna mengobati luka gigitan binatang berbisa, caranya empedu dikeringkan ditempat teduh dan direndam di wadah kaca lalu dioleskan ke anggota tubuh yang terluka
  2. Tumpukan empedu yang diletakkan di sarang ular maka ular itu akan mati
  3. Darahnya yang dicampur dengan minyak misik dan air tawar bisa menyembuhkan sesak nafas
  4. Burung gagak yang masih hidup bila digantung didalam rumah maka rumah itu tidak akan dimasuki ular dan kalajengking

Tafsir Mimpi
Bermimpi burung gagak pertanda perang atau seorang penguasa tak dikenal dan dzalim
Burung gagak dalam mimpi pertanda akan adanya maling

Referensi :
Al-Muhadzab, I/249
Tanwirul Qulub, 257
Ensiklopedi nasional edisi fauna
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar