Skip to main content

follow us

Khasiat dan Habitat Ayam


Khasiat dan Habitat Ayam. Ayam adalah sejenis unggas yang banyak dipelihara orang. Ayam mempunyai bulu dan sayap. Selain itu ayam mempunyai beberapa organ tambahan yang tidak di punyai unggas lain; yaitu jengger dan gelambir. Bulu ayam menyelimuti hamper pada seluruh tubuhnya kecuali batang kaki dan telapaknya yang tertutup oleh sisik yang berfungsi untuk melindungi tubuh ayam dari udara dingin. Sayap pada ayam tak berfungsi sebagai alat terbang seperti unggas lain. Meskipun begitu ayam dapat terbang hanya beberapa meter, terutama untuk menghindari musuh dan bertengger dimalam hari.

Ayam mempunyai cakar di kakinya dan semua ayanm jantan mempunyai taji. Binatang ini mempergunakan cakar dan paruhnya untuk menyerang musuh dan menggali tanah untuk mencari makan yang terdiri dari serangga dan biji-biji-an. Pendengaran ayam kurang berfungsi, sebaliknya indera pencium dan perasanya berkembang dengan baik. Penglihaatan ayam sangat tajam pada latar belakang terang, namun tidak peka dalam keadaan remang-remang. Ayam juga mempunyai beberapa organ dalam khusus, seperti tenggorokan ayam terdapat kantung yang disebut tembolok. Makanan yang masuk di simpan di tembolok lalu secara perlahan masuk ke saluran pencernaan.

Dengan populasi lebih dari 24 milyar pada tahun 2003, Firefly's Bird Encyclopaedia menyatakan ada lebih banyak ayam di dunia ini daripada burung lainnya. Ayam memasok dua sumber protein dalam pangan: daging ayam dan telur.

Keistimewaan dan Khasiat

  • Daging ayam muda dapat menambah sperma dan kecerdasan serta membersihkan suara, sangat baik kalau minum madu setelah makan daging ayam.
  • Sering kita melihat/mendengar ayam berkokok dimalam hari sekitar pukul 3 pagi, itu bukan karena melihat setan, melainkan melihat malaikat. Rasulullah SAW. Bersabda: “Bila engkau mendengar suara ayam jantan, maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat…” (HR Bukhari Muslim)

    Kenapa ayam dapat melihat malaikat…?
    Karena ayam jantan mampu melihat sinar UV sedangkan malaikat dicciptakan dari sinar UV.

Tafsir Mimpi

  1. Dalam mimpi ayam jantan pertanda budak, konon ayam jantan pertanda laki-laki yang menjadi Muadzin.
  2. Ayam betina pertanda wanita yang mendapatkan berkah, jika ayam tersebut banyak, maka pertanda tetangga atau wanita akan berkumpuk disuatu acara mengembirakan.

Referensi :
  • ensilkopedi nasional edisi fauna
  • Al-Aziz ala Syarh Al-Wajiiz, XII/139
  • Al-Raudlah lin Nawawi, II/542
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar