Cara Ular Memburu Mangsa Dengan Bisanya

Cara Ular Memburu Mangsa Dengan Bisanya

Cara Ular Memburu Mangsa Dengan Bisanya


Cara Ular Memburu Mangsa Dengan Bisanya. Ular juga termasuk hewan pemangsa yang ganas. Dengan bisanya ular dapat meracuni mangsanya, bahkan sampai mati. Ada juga yang membelit mangsa sebelum memakannya. Sifat racun ular ini berbeda-beda, para ahli menyebutkan bahwa ular kobra adalah ular yang paling mematikan, ular ini tidak ragu-ragu untuk menyerang mangsanya. Jika seseorang digigit ular kobra, maka dalam waktu kurang dari satu jam orang tersebut biasa mati.

Ular lain yang mematikan adalah ular taipan, ular macan, mamba hitam, dan ular krait. Ada juga ular laut yang bisanya seratus kali lebih kuat daripada bisa ular taipan, ular ini dalah ular laut yang terdapat di laut timor. Sebuah kenyataan yang perlu diketahui adalah bahwa ular berukuran besar belum tentu paling mematikan.

Bagaimanakah ular menyemburkan bisanya kearah mangsanya?


Pada mulut ular terdapat gigi beralur dan berlubang yang di dalamnya terdapat tabung penyembur bisa, di dalam tabung inilah yang terdapat kelenjar bisa. Ada juga ular yang dapat mengerut. Sanca adalah ular yang dapat mengerut dan membelitkan tubuhnya ke hewan mangsanya, hewan mangsa ini diremasnya sampai mati. Ular tikus juga menangkap mangsanya dengan membelitkan tubuhnya ketubuh tikus hingga berhenti bernafas dan mati.

Ular memburu mangsanya dengan menggunakan indra penciuman, bunyi, dan indra pendeteksi khusus yang ada di kepalanya. Ular manggunakan cara-cara ini kare reptil ini mempunyai penglihatan yang buruk. Ular beludak mempunyai sensor panas di kepalanya. Dengan sensor panas ini, ia dapat mencari mangsa di kegelapan atau di bawah tanah. Ular rumput menangkap mangsa dengan gigi tajamnya.

Ular piton dan boa membunuh dengan cara meremas mangsanya hingga tak dapat bernafas, hewan ini juga menelan mangsanya bulat-bulat. Sekitar tahun 1912 seekor ular piton sepanjang 10 meter parnah terbunuh, tapi belakangan ini ular piton dengan panjang 10 meter belum ditemukan lagi. Sebagian besar ular membunuh mangsanya dengan cara menggigit menggunakan gigi taringnya sambil menyuntikkan bisanya yang mematikan. Tidak hanya itu saja, ular juga mempunyai manfaat/khasiat dan tafsir mimpi.

Referensi: Delik Iskandar | Jelajah Ilmu Pengetahuan seri reptil dan amphibi jilid 1 | Aneka Ilmu, Bandung