Skip to main content

follow us

Cara Mudah Supaya Tidak Cepat Lelah


Cara Mudah Supaya Tidak Cepat Lelah. Lelah itu biasa setelah melakukan aktifitas sehari-hari, didalam/diluar dirumah. Beda halnya kalau tubuh anda kelelahan, sering ngantuk atau kurang bersemangat dalam menjalani berbagai aktifitas, jangan sampai anda menyepelekannya. Karena hal seperti itu ternyata merupakan pesan dari tubuh Anda yang menandakan tubuh sedang dalam kondisi yang kurang baik.

Turunnya stamina tubuh mungkin disebabkan pola hidup yang kurang baik. Jika terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk bagi tubuh Anda. Seperti; Fokus pikiran yang menurun atau terserang penyakit.

Nah, untuk menghindarinya Anda terlebih dulu harus tahu penyebab-penyebabnya.

1. Kurang tidur


Tidur tidak hanya diam untuk merebahkan badan diatas kasur. Tapi memberi kesempatan pada tubuh kita bagian dalam untuk bekerja maksimal ketika kita beristirahat. Seperti regenerasi atau proses pencernaan. Dibutuhkan sekitar 7-8 jam untuk kualitas tidur yang baik. Sehingga di saat Anda bangun di pagi hari, tubuh akan menjadi lebih segar. Maka dari itu jangan melanggar jam tidur malam, jika Anda tidak ingin kehilangan tenaga ketika beraktivitas sehari-hari.

2. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji


Makanan cepat saji memang sangat menggiurkan, berbagai macam jenis produk makanan pun ada. Namun apa itu sudah sesuai dengan standar makanan empat sehat lima sempurna? Kenyataannya kandungan yang terdapat dalam makanan instant tidak baik untuk tubuh, jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya. Karena jika Anda tak menghentikan kebiasaan mengkonsumsinya, maka Anda telah menimbun glukosa, dekstrosa, maltosa dan sukrosa dalam tubuh Anda. Dimana semua kandungan itu hanya akan memperlamban kinerja tubuh Anda.

3. Kurang minum air


Anda mungkin lebih memilih es tea atau kopi untuk menghilangkan dahaga. Namun nyatanya tubuh lebih membutuhkan air mineral ketika mengalami dehidrasi. Tubuh Anda membutuhkan sekitar tiga liter air untuk tetap menjaga stamina tubuh. Dengan rajin meminum air mineral itu akan membantu perederan H2O dalam tubuh menjadi lancar. Nah, untuk mengetahui apakah tubuh sudah tercukupi dengan air, perhatikanlah air kencing Anda. Jika berwarna gelap dan kuning tandanya Anda kekurangan asupan air. Namun terlalu banyak mengkonsumsi air pun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, seperti artikel saya Terlalu banyak minum air pun berbahaya

4. Kekurangan vitamin B


Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti; bayam, kembang kol, asparagus, beras merah, kacang-kacangan, daging dan lain-lain. Makanan tersebut memberikan asupan energi yang baik untuk tubuh. Selain itu juga baik untuk rambut, kulit dan mata. Jika asupan vitamin B mencukupi maka sel dalam tubuh mampu mengubah glukosa menjadi energi.

5. Kurang gerak


Sekarang mulailah beranjak dari zona malas anda dan lakukanlah beberapa aktivitas! Karena ini merupakan cara paling sederhana yang sebenarnya baik untuk tubuh Anda. Ketika Anda bergerak, seperti Berolahraga dengan berjalan kaki atau lari santai. Nyatanya aktivitas itu dapat melepaskan nitrat oksida dari lapisan arteri dalam tubuh. Sehingga memungkinkan darah bergerak bebas melalui pembuluh darah. Dengan begitu dapat membantu untuk mendapatkan banyak nutrisi di dalam sel-sel tubuh Anda. Sehingga tubuh akan lebih baik dan fit.

Nah, sudah tahu kan apa saja penyebab menurunnya stamina pada tubuh? Ayo, segera rubah pola hidup buruk Anda supaya tidak cepat lelah.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar