Skip to main content

follow us

Bunglon, Si Penyamar Yang Hebat


Bunglon, Si Penyamar Yang Hebat. Bunglon termasuk binatang aneh: bisa mengubah warna tubuhnya agar samar dengan lingkungan. Warna tubuh binatang ini dapat menjadi hijau seperti daun dan coklat seperti kulit kayu, dan hitam seperti tanah. Bunglon lebih sering hidup di antara semak-semak dan pepohonan. Binatang ini aktif mencari makan pada siang hari. Makanannya adalah serangga, siput dan binatang kecil lainnya. Tubuhnya ramping sebesar jari tangan orang dewasa. Ada juga jenis yang sebesar ibu jari kaki atau lebih besar lagi, ekornya panjang seperti lidi. Kakinya berjari panjang untuk berlari kencang dan memanjat.

Bunglon berkembang biak dengan bertelur beberapa telur. Telurnya diteteskan dalam timbunan tanah. Setelah menetas, anak-anaknya keluar dan hidup sendiri tanpa perlindungan induknya. Musuh utamanya adalah ular dan burung-burung pemangsa.

Bunglon kebun yang berukuran sedang, berekor panjang menjuntai. Panjang total hingga 550 mm, dan empat-perlimanya adalah ekor. Gerigi di tengkuk dan punggungnya lebih menyerupai surai ("jubata" artinya bersurai) daripada bentuk mahkota, tidak seperti kerabat dekatnya B. cristatella (crista: jambul, mahkota). Gerigi ini terdiri dari banyak sisik yang pipih panjang meruncing namun lunak serupa kulit.

Kepalanya bersegi-segi dan bersudut. Dagu dengan kantung lebar, bertulang lunak. Mata dikelilingi pelupuk yang cukup lebar, lentur, tersusun dari sisik-sisik berupa bintik-bintik halus yang indah.

Dorsal (sisi atas tubuh) berwarna hijau muda sampai hijau tua, yang bisa berubah menjadi coklat sampai kehitaman bila merasa terganggu. Sebuah bercak coklat kemerahan serupa karat terdapat di belakang mulut di bawah timpanum. Deretan bercak serupa itu, yang seringkali menyatu menjadi coretan-coretan, terdapat di bahu dan di sisi lateral bagian depan; semakin ke belakang semakin kabur warnanya.

Sisi ventral (sisi bawah tubuh) kekuningan sampai keputihan di dagu, leher, perut dan sisi bawah kaki. Telapak tangan dan kaki coklat kekuningan. Ekor di pangkal berwarna hijau belang-belang kebiruan, ke belakang makin kecoklatan kusam dengan belang-belang keputihan di ujungnya. Sisik-sisik bunglon surai keras, kasar, berlunas kuat; ekornya terasa bersegi-segi. Perkecualiannya adalah sisik-sisik jambul, yang tidak berlunas dan agak lunak serupa kulit.

Keistimewaan dan Khasiat
Empedunya bila dibuat celat dapat menyembuhkan penyakit selaput mata.

Tafsir Mimpi
Dalam mimpi pertanda seorang pejabat yang tetap bertahan dengan jabatannya.

Catatan : masih terdapat perbedaan pendapat (khilaf) di antara kalangan madzhab Syafi’iyah. Ada yang mengatakan halal dan ada yang mengatakan haram.

Referensi :
ensiklopedi nasional edisi fauna
Ta’thirul anam fi takbiril manam
Al-Isyarat fi ilmil ‘ibarot
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar