Skip to main content

follow us

Bahaya Nyamuk Untuk Kesehatan Tubuh


Bahaya Nyamuk Untuk Kesehatan Tubuh. Suatu kelompok serangga yang tubuhnya kecil dan tertutup sisik-sisik halus berwarna hitam. Di kepalanya terdapat sepasang sungut (antena). Di antara sungut tersebut terdapat belalai yang berfungsi sebagai alat pengisap. Waktu untuk mencari makan sangat beraneka ragam tergantung pada jenisnya. Ada nyamuk yang aktif mencari makan setiap saat, pagi, siang, ataupun malam. Nyamuk betina dewasa mengisap darah manusia dan binatang bertulang belakang (vertebrata), sedangkan nyamuk jantan mengisap sari tumbuhan. Beberapa jenis nyamuk ada tidak mengisap darah bahkan tidak makan.

Nyamuk dewasa menyukai tempat gelap, lembab, serta dingin dan tidak menyukai cahaya matahri. nyamuk dewasa meletakkan telur di segala tempat penampungann air seperti bak kamar mandi, gentong, kaleng bekas dsb. evolusi hidup nyamuk; dari telur, jentik (larva), kepompong (pupa), sampai tahap dewasa, berlangsung selama 6 sampai 21 hari. nyamuk termasuk perasit pengisap darah dan bertindak sebagai vector serta inang perantara cacing parasit dapat mengakibatkan kematian.

Fase perkembangan nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa sangat menakjubkan. Telur nyamuk biasanya diletakkan pada daun lembap atau kolam yang kering. Pemilihan tempat ini dilakukan oleh induk nyamuk dengan menggunakan reseptor yang ada di bawah perutnya. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembapan. Setelah tempat ditemukan, induk nyamuk mulai mengerami telurnya. Telur-telur itu panjangnya kurang dari 1 mm, disusun secara bergaris, baik dalam kelompok maupun satu persatu. Beberapa spesies nyamuk meletakkan telur-telurnya saling berdekatan membentuk suatu rakit yang bisa terdiri dari 300 telur.

Selesai itu, telur berada pada masa periode pengeraman. Pada periode ini, inkubasi sempurna terjadi pada musim dingin. Setelah itu larva mulai keluar dari telurnya semua dalam waktu yang hampir sama. Anak Nyamuk atau ENCU Sampai siklus pertumbuhan ini selesai secara keseluruhan. Larva nyamuk akan berubah kulitnya sebanyak 2 kali.

Selesai berganti kulit, nyamuk berada pada fase transisi. Fase ini dinamakan "fase pupa". Pada fase ini, nyamuk sangat rentan terhadap kebocoran pupa. Agar tetap bertahan, sebelum pupa siap untuk perubahan kulit yang terakhir kalinya, 2 pipa nyamuk muncul ke atas air. pipa itu digunakan untuk alat pernapasan.

Nyamuk dalam kepompong pupa yang cukup dewasa dan siap terbang dengan semua organnya seperti antena, belalai, kaki, dada, sayap, perut, dan mata besar yang menutupi sebagian besar kepalanya. lalu kepompong pupa disobek di atas. Tingkat ketika nyamuk yang telah lengkap muncul ini adalah tingkat yang paling membahayakan.

Nyamuk harus keluar dari air tanpa kontak langsung dengan air, sehingga hanya kakinya yang menyentuh permukaan air. Kecepatan ini sangatlah penting, meskipun angin tipis dapat menyebabkan kematiannya. Akhirnya, nyamuk tinggal landas untuk penerbangan perdananya setelah istirahat sekitar setengah jam.

Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat. Virus Nil Barat disebarkan secara tidak sengaja ke Amerika Serikat pada tahun 1999 dan pada tahun 2003 telah merebak ke seluruh negara bagian di Amerika Serikat.

Nyamuk Menyebabkan gatal


Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada diisap. Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia isap membeku.

Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setelah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.

Macam-macam Nyamuk


Di Indonesia, jenis yang umum dikenal ialah nyamuk dengue (nyamuk demam berdarah), nyamuk culek, nyamuk malaria, dan nyamuk mansonia.

  1. Nyamuk Dengue (demam berdarah): mempunyai tubuh yang panjangnya kurang lebih 2 cm berwarna hitam keabu-abuan dan tertutup sisik-sisik halus. Tubuh serta ketiga pasanng kakinya belang-belang putih. Nyamuk ini disebut nyamuk demam berdarah karena mengisap darah manusia dan berperan sebagai vector utama penyakit demam berdarah.
  2. Nyamuk Culek: mempunyai panjang tubuh kurang lebih 5 mm. Berwarna cokelat kehitaman dengan garis-garis kuning. Biasanya belalainya mempunyai noda-noda lurus. Nyamuk culek berperan sebagai vector cacing falaria.
  3. Nyamuk Malaria: tubuh berwarna hitam panjang tubuh 3.5 mm. Kakanya kekuning-kuningan. Pada sepasang sayapnya terdapat noda-noda. Nyamuk malaria lebih menyukai air yang tergenang pada bekas tapak kaki binatang dan air yang mengalir di selokan. Nyamuk ini lebih aktif mencari makan di senja hari.
  4. Nyamuk Bamnsonia: tubuh berwarna cokelat kehitaman, kaki lebih terag disbanding tubuhnya. Berkisar 5 mm. Nyamuk ini lebih menyukai rawa-rawa dan dikenal sebagai penular penyakit kaki gajah.

Tafsir Mimpi
Bermimpi nyamuk pertanda musuh yang selalu menimbulkan pertumpahan darah.

Referensi : ensiklopedi nasional edisi fauna - Al-Muhadzab, I/237 - Ta’thirul anam fi takbiril manam
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar