Skip to main content

follow us

Ayo Kenali Kelompok Tumbuhan Lumut


Lumut, kita semua pasti sudah tahu seperti apa lumut itu. Tumbuhan ini banyak kita temui dimana saja ditempat yang digenangi air, kamar mandi, selokan, sumur, sungai, dan lain-lain. Dengan tubuhnya yang sangat kecil sekitar 2-50 cm, hampir tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati.

Lumut daun memiliki tubuh yang sudah dapat dibedakan menjadi batang dan daun, sedangkan pada lumut hati dan lumut tanduk tubuhnya masih berupa lembaran atau disebut juga “talus”.

Lumut memiliki siklus hidup yang unik, sehingga menghasilkan lumut jantan dan betina. Perkawinan antara yang jantan dan betina, berkembangbiaklah secara generatif. Selain itu, lumut juga berkembang biak secara vegeratif. Bagian tunas yang patah dan terbawa angin atau terbawa oleh burung yang mencari bahan sarang, bila jatuh di tempat yang lembab dapat tumbuh menjadi lumut. Beberapa jenis lumut juga sangat mudah membentuk tunas-tunas yang disebut gemma.

Tumbuhan lumut dapat dikelompokkan menjadi 3 kelas, seperti yang saya sebutkan diatas:

  1. Lumut daun (Bryopsida); lumut daun merupakan tumbuhan lumut yang paling terkenal, struktur tubuhnya sudah seperti tumbuhan lainnya, yaitu memiliki akar, batang dan daun.
  2. Lumut hati (Hepaticopsida); disebut lumut hati karena memiliki bentuk yang menyerupai hati, tubuhnya masih berupa lembaran.
  3. Lumut tanduk (Anthocerotopsida); lumut yang memiliki kemiripan dengan lumut hati. Bedanya lumut tanduk memiliki batang yang berupa kapsul memanjang dan tumbuh seperti tanduk.
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar