Skip to main content

follow us

Seribu Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


Seribu Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan. Buah yang satu ini tentu sudah banyak yang tahu karena buah ini tersebar dimana-mana, didesa ataupun kota. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi, tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang bisa mencapai 10–40 meter. Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadatkan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga.

Seperti tertulis di laman wikipedia bahwa Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 adalah 3.5 oz, Energi 272 kJ, Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg, Beta-karoten 445 mg, Thiamine / Vit. B1 0.058 mg (4%), Riboflavin / Vit. B2 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).

Maka dari pejelasan diatas dapa kita pahami salah satu manfaat buah mangga sebagai berikut :

  1. Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.
  2. Mangga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.
  3. Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan.
  4. Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.
  5. Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.

Referensi : Dr. Ir. Leni Herliani Afrianti, M.P. | 33 Macam Buah-buahan untuk Kesehatan | Alfabeta
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

Artikel Terkait:

Buka Komentar