Skip to main content

follow us

Peran Penting Tumbuhan Bagi Kehidupan


Peran penting tumbuhan dalam menjaga kondisi lingkungan. Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup di bumi. Proses fotosintesisnya menghasilkan oksigen yang penting bagi pernafasan. Fotosintesis juga menghasilkanbahan makanan, baik bagi tumbuhan sendiri maupun makhluk lain yang memakannya. Karenanya peran tumbuhan didalam ekosistem sebagai produsen.

Peran tumbuhan bagi makhluk hidup. Tumbuhan juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan. Burung merpati misalnya, merupakan habitat penting bagi berbagai jenis invertebrate. Pepohonan di hutan menjadi tempat bersarang berbagai jenis burung dan hewan lainnya, seperti kera, ular pohon dan katak pohon. Manusia juga memanfaatkan kayu dari batang pepohonan sebagai bahan bangunan.

Tumbuhan juga berfungsi sebagai bio-indikator perubahan lingkungan. Berbagai jenis tumbuhan dapat manjadi petunjuk pencemaran lingkungan. Tumbuhan juga mampu menyerap racun yang ada pada polusi udara. Berbagai jenis tumbuhan juga bermanfaat sebagi bahan obat dan bahan industri.

“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya dihari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin), dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-An’aam: 141).
Disclaimer: Postingan blog ini tentang dunia kesehatan, blogger, dan teknologi. Jika kurang berkenan, mohon kiranya untuk memberikan kritik dan saran via kolom komentar, atau via contact menu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar