Pentingnya Gizi Seimbang Bagi Para Remaja

Pentingnya Gizi Seimbang Bagi Para Remaja

Pentingnya Gizi Seimbang Bagi Para Remaja


Pentingnya Gizi Seimbang Bagi Para Remaja. Dapat kita perhatikan, bahwa para remaja putra-putri di usia pubertas secara mendasar sangat membutuhkan gizi untuk pembentukan otot dan jaringan tubuh berupa protein. Setiap makanan yang mereka makan harus mengandung gizi dalam jumlah yang sesuai, apabila terjadi kelebihan zat makanan sumber energi dan panas (sukrosa, laktosa dan glukosa) dari apa yang dibutuhkan tubuh maka kelebihannya akan diolah menjadi lemak yang ditimbun di bawah kulit dan perut, dan ini adalah tanda kegemukan.

Anda dapat perhatikan, apabila remaja baik pria ataupun wanita mengkonsumsi zat tepung dan gula (laktsa dan sukrosa) dalam jumlah yang banyak, maka mereka akan merasa cepat kenyang, ini disebabkan karena adanya zat lain yang lebih penting yaitu unsur pertumbuhan dan perkembangan.

Membatasi tubuh dari mengkonsumsi makan dan unsur vital yang dibutuhkan, dapat mengakibatkan tubuh terserang berbagai macam penyakit, dan bukan hanya karena kekurangan jumlah asupan gizi makanan saja yang dapat menyebabkan penyakit ini, bahkan jenis asupan gizi menjadi sangat berpengaruh, di mana asupan setiap makanan itu harus berisi unsur-unsur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan badan dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Misalkan kekurangan vitamin A akan mengakibatkan kerusakan pada mata yaitu biasa di sebut rabun, kemudian mata menjadi lebih kering, kulit menjadi pecah-pecah, terkelupas, akar rambut akan menyembul sehingga mudah terserang infeksi dan pyodermatitis. Karena itu, kami sarankan bagi anda yang mengikuti diet agar dapat memperhatikan konsumsi makanan anda dengan asupan yang banyak mengandung vitamin A. diet yang tidak terkontrol terkadang mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan.

Harap diperhatikan, bagi anda yang masih menyusui tetapi mengikuti program diet ketat tanpa pengetahuan yang cukup atau tanpa ada yang mengontorl, rata-rata keluhan mereka bersumber pada penurunan kekuatan mata, tidak dapat berkonsentrsi dan megalami lemah pandang.

Ini semua disebabkan Karena terjadinya kesalahan program diet yang dilakukan, keluhan seperti itu juga dirasakan oleh para wanita yang hamil karena janin yang mereka kandung banyak mengambil makanan dari sang ibu dengan jumlah kandungan kalsium dan vitamin yang cukup banyak, dan kekurangan zat-zat tersebut dalam asupan makanan sang ibu tanpa dibarengi usaha untuk menutupi kekuranagn tersebut, akan menyebabkan ibu mengalami semua gangguan tersebut. Dan semua gangguan tersebut dapat diatasi dengn pola amakan yanga benar dan pemberian supplement tambahan.

Ada juga penyakit pellagra yang gejalanya berupa kulit pecah-pecah dan kering yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin B complex, khususnya acid nicotinic atau niacin O. Demikan pula, jika lidah mengalami pendarahan (sariawan) berarti tubuh kita telah mengalami kekurangan vitamin C, ada juga penyakit lain yang biasa menimpa tulang seperti rachitis dan rapuh tulang gigi dan kuku atau beberapa bagian anggota tubuh yang lain, itu semua disebabkan oleh buruknya gizi dan kurangnya unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh.

Referensi :
Syaikh Adil Fahmi, Asrar an Nisa' Min al-Alif Ila Al-Ha' | Dar Al-Ghad Al-Jadid, Manshurah, Mesir 2005
Rahasia Wanita Dari A Sampai Z | Pustaka Al-Kautsar